HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Call to Action (CTA), Teknik Marketing Favorit dalam Digital Marketing

Kegiatan pemasaran dalam dunia bisnis merupakan hal yang penting dan memerlukan perhatian. Sebab pemasaran merupakan salah satu garda terdepan keberlangsungan perusahaan. Tanpa aktivitas dan strategi pemasaran yang tepat, penjualan tidak akan maksimal. Di era digital saat ini, banyak sekali strategi pemasaran yang bisa dicoba. Salah satunya adalah pemanfaatan pemasaran digital melalui media digital seperti website, media sosial, dan platform digital lainnya. Ada beberapa istilah baru dan kurang dikenal yang muncul dalam upaya pemasaran digital. Salah satunya adalah CTA (Call to Action). Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian CTA 

Call to action adalah kalimat pendek yang dimaksudkan untuk membujuk pembaca agar melakukan sesuatu. Pengertian CTA marketing adalah instruksi yang dirancang untuk memungkinkan audiens melakukan suatu aktivitas atau merespons secara langsung. Kedua aktivitas ini nantinya akan menghasilkan konversi. Sebagian besar strategi pemasaran digital di seluruh platform online selalu menggunakan CTA untuk menarik audiens.

CTA umumnya berupa frasa atau tulisan pendek yang berisi ajakan tertentu, misalnya untuk mendownload, mendaftar, atau berlangganan. CTA dapat meningkatkan konversi prospek hingga 121%. Oleh karena itu, membuat CTA penting dilakukan guna meningkatkan jumlah pelanggan dan terus mengembangkan bisnis Anda.

Dalam dunia bisnis dan pemasaran, call to action merupakan salah satu fitur pemasaran online terpenting dari sebuah website atau konten. Tujuannya adalah untuk mendapatkan respon langsung dari kelompok sasaran yang dituju dengan cara tertentu. Ada banyak contoh frasa yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan blog situs perusahaan Anda. Namun, ini juga harus disesuaikan dengan diskusi blog Anda dan kebutuhan ajakan bertindak.

Menurut definisinya, CTA adalah tindakan kampanye tersembunyi yang sering digunakan dalam konten Anda. Jika ajakan penuh dengan kata kerja, itu adalah jenis ajakan bertindak. Beberapa frasa pendek seperti “Pelajari lebih lanjut”, “Baca selengkapnya”, dan “Berlangganan sekarang” adalah jenis ajakan bertindak. Bahkan CTA pendek pun dapat meningkatkan konversi prospek hingga 121%.

Inilah sebabnya mengapa penggunaan CTA berdampak besar pada pertumbuhan pelanggan dan perkembangan bisnis. Penggunaan CTA memberikan beberapa manfaat seperti meningkatkan konversi dan rasio klik-tayang, yang tidak hanya meningkatkan tingkat keberhasilan iklan digital Anda, namun juga memudahkan audiens Anda untuk tetap aktif atau menjangkau kontak tertentu.

Fungsi CTA

  1. Meningkatkan konversi

Call to action yang menarik memengaruhi peningkatan konversi. Pasalnya, pemirsa dapat melakukan pembelian  langsung, menghubungi call center, atau sekadar mencari tahu produk suatu perusahaan.

  1. Meningkatkan leads

Gunakan kombinasi CTA dan informasi promosi untuk meningkatkan potensi penjualan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah  menentukan target audiens Anda. Anda kemudian dapat mempromosikan bisnis Anda agar lebih banyak orang mengetahuinya. Salah satu metode periklanan yang  masih disukai para pebisnis online adalah Facebook ads, Instagram ads, dan Google ads.

  1. Membantu membuat daftar kontak email

CTA tidak selalu tentang pembelian, karena ada banyak CTA berbeda yang dapat Anda buat bergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. CTA ini juga berguna saat membangun daftar kontak email Anda. Misalnya, buatlah konten atau artikel yang menarik dan tambahkan CTA di akhir artikel untuk mengajak audiens berlangganan blog Anda. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menerima artikel terbaru dari blog Anda secara teratur. Saat menulis CTA, gunakan teknik copywriting yang baik agar pembaca artikel atau konten Anda mau menekan tombol CTA yang Anda tempatkan.

  1. Evaluasi

Peran CTA juga  melakukan evaluasi untuk menganalisis kekurangan dari promosi yang dilakukan. Temukan kesalahan pemasaran digital  yang mempengaruhi hasil akhir  strategi pemasaran Anda. Semakin cepat Anda menemukan cacat dan kesalahan, semakin cepat Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan strategi pemasaran apa pun yang Anda terapkan untuk mencapai hasil yang  maksimal.

Jenis-jenis CTA

  1. Lead Generation

Lead adalah  istilah dalam dunia pemasaran yang merujuk pada sekelompok orang atau bisnis yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Untuk menarik calon pelanggan, penempatan call to action di website Anda harus jelas dan  terlihat oleh pengunjung website Anda. Kehadiran call to action juga dapat mendorong pengunjung website untuk mendaftar di website Anda atau menjadi anggota  dengan memasukkan detail seperti email, nomor ponsel, dan lain-lain.

  1. Social Sharing

Social sharing adalah jenis CTA yang paling sederhana. Social sharing mengundang Anda untuk membagikan konten Anda di media sosial. Caranya bisa dengan memberikan gambar atau tombol berlogo media sosial Anda pada konten yang Anda buat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemirsa membagikan konten yang diinginkannya di media sosial. Hal ini jelas membantu pelanggan memahami dampaknya terhadap bisnis mereka. Memiliki lebih banyak audiens yang membagikan konten Anda di berbagai  media sosial dapat meningkatkan traffic dan konversi situs web Anda.

  1. Lead Nurturing

Call to action tidak selalu menghasilkan arahan yang mendorong pemirsa untuk mendaftar atau membeli produk Anda. Beberapa jenis CTA dihitung sebagai prospek meskipun tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil. Lead nurturing adalah tentang menarik dan meningkatkan lead.Lead nurturing dilakukan untuk merangsang minat prospek terhadap suatu produk atau layanan dengan menawarkan acara, layanan gratis,  demo produk, dan lain-lain. Jenis CTA  ini memerlukan bahasa tambahan yang menarik perhatian, seperti “Daftar sekarang untuk versi  1 bulan penuh!” dengan tujuan memperoleh pengguna baru  produk atau layanan Anda.

  1. Event Promotion

Tujuan dari call to action jenis ini adalah untuk meningkatkan kesadaran penonton terhadap acara yang diadakan dan mendorong mereka untuk membeli tiket. CTA jenis ini dapat ditempatkan di banyak tempat berbeda di website Anda, termasuk dashboard, halaman masuk pengunjung, dan sidebar.

  1. Tombol Baca Selengkapnya

Jenis CTA ini mengharuskan pemirsa mengklik tombol “Baca Selengkapnya” untuk  membaca keseluruhannya. Penulisan informasi dalam konten harus menarik agar pengunjung website memutuskan untuk melakukan tindakan tambahan untuk melengkapi keseluruhan konten. Tombol “Baca Lebih Lanjut” memungkinkan pemirsa mempelajari artikel lebih dalam  hingga statistik traffic laman meningkat.

  1. Penawaran Jasa atau Produk

Jenis CTA ini berupa tombol yang bertuliskan “Beli Sekarang” atau “Daftar Sekarang”.  Kata-kata CTA yang Anda gunakan harus memberikan gambaran umum tentang produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda.

  1. Ajakan Melihat Produk atau Layanan

Sebelum membeli suatu produk,  pembeli biasanya melihat dan mengenali produk tersebut terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda dapat menyediakan tombol CTA yang membawa Anda langsung ke halaman informasi mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  1. Ajakan Berlangganan

Terakhir, jika model bisnis Anda adalah berlangganan, ajakan bertindak ini merupakan insentif bagi pembaca untuk melakukan transaksi pembelian atau berlangganan.

Contoh CTA

Saat Anda menjelajah Internet, kemungkinan besar Anda akan menemukan banyak contoh CTA. Contoh call to action dalam pemasaran digital meliputi:

  1. Read More

Contoh call to action ini biasa digunakan pada artikel berita dan artikel lain yang memerlukan banyak waktu membaca. Gunakan CTA ini untuk melihat berapa banyak orang yang ingin membaca  lebih lanjut tentang konten Anda.

  1. Download Now

Contoh CTA ini paling sering digunakan dalam pengembangan aplikasi dan banyak ditemukan pada artikel informatif, diakhiri dengan permintaan untuk mengikuti informasi dan  menggunakan aplikasi. Misalnya, jika Anda sedang belajar berinvestasi, di bawah ini adalah CTA untuk mengunduh aplikasi  investasi.

  1. Contact Us

CTA ini akan digunakan pada artikel dari website perusahaan Anda. Tujuannya untuk memudahkan konsumen menghubungi pelaku usaha secara langsung terkait komunikasi produk dan jasa.

Tips Membuat CTA

  1. Gunakan kata kerja perintah

Gunakan kata kerja perintah untuk membuat call to action yang jelas dan ringkas. Sebaiknya berikan bahasa yang jelas agar penonton tahu apa yang harus dilakukan. Contoh ajakan bertindak adalah frasa “Beli sekarang”.

  1. Gunakan strategi FOMO

Strategi FOMO (Fear of Missing Out) adalah tindakan CTA yang menakut-nakuti audiens Anda jika mereka melewatkan penawaran khusus pada produk atau layanan Anda. Contoh call to action dalam hal ini adalah kalimat “Beli sekarang! Penawaran eksklusif”. Sulit bagi pemirsa untuk mengabaikan CTA ini karena tawarannya rendah dan harus bersaing dengan pelanggan lain.

  1. Membuat desain menarik

CTA yang dirancang dengan menarik akan lebih menonjol ketika audiens  mengunjungi halaman website Anda. Saat ini ada banyak situs web yang memungkinkan Anda membuat tema yang menarik dan ramah bagi pemula.

  1. Meletakkan di tempat yang tepat

Tombol CTA Anda harus ditempatkan di tempat yang terlihat jelas sehingga mudah dipahami oleh audiens Anda. Alasannya adalah jika Anda menempatkan CTA di area yang sudah dipenuhi gambar dan teks, audiens Anda harus bekerja lebih keras untuk menemukannya.

  1. Menggunakan sense of urgency

CTA dengan Sense of Urgency adalah salah satu bentuk pemberitahuan kepada audiens Anda tentang suatu penawaran yang hanya akan masuk pada waktu tertentu. Misalnya, “Spesial Hari Ini! Dapatkan diskon hingga 75% untuk kebutuhan penting. ” Menekankan “transaksi hari ini” mempengaruhi niat membeli  konsumen.

  1. Menggunakan angka

Menggunakan angka dalam CTA membantu pelanggan Anda memahami manfaat besar yang bisa mereka peroleh dari penawaran Anda. Sejauh ini CTA dengan  angka masih memberikan hasil positif bagi penjual produk dan  jasa.

Demkian penjelasan lengkap menganai CTA. Call to action adalah kalimat atau gambar pendek yang dimaksudkan untuk mendapatkan tanggapan langsung dari pembaca. Ini merupakan strategi pemasaran yang penting bagi para pengusaha, khususnya pebisnis online.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

19 hours ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

20 hours ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

4 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago