HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
edge

Mengenal Edge Computing: Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Cloud computing atau komputasi awan sebelumnya banyak dipakai karena mempunyai skalabilitas dan kecepatan yang lebih baik dibanding server konvensional. Namun, layanan ini dianggap kurang sempurna karena memiliki keterbatasan bandwidth dan tingginya latensi. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut teknologi edge computing hadir menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan layanan digital yang lebih handal.

Edge computing mulai menjadi tren networking dan perlahan menggeser teknologi komputasi awan. Dari hasil riset Gartner, penggunaan edge computing diprediksi akan meningkat pesat di tahun 2025 mendatang. Sekurang kurangnya ada tiga per empat data yang dihasilkan oleh perusahaan berasal dari teknologi ini.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih dalam apa itu edge computing dan informasi lainnya.

Edge Computing, itu Apa?

Edge computing merupakan proses komputasi yang berfokus pada lalu lintas Internet of Things (IoT) untuk menyimpan dan memproses data penting secara lokal. Seperti namanya, pemrosesan data terjadi di tepi jaringan atau di dekat sumber data. Hal ini dikatakan sangat efektif dalam memitigasi berbagai masalah terkait latensi dan bandwidth.

Proses edge computing dijalankan seminimal mungkin dari cloud sampai ke perangkat lokal. Teknologi didesain sedemikian rupa untuk menempatkan data dan aplikasi berada dekat dengan server dan user. Artinya, konsep edge computing bertujuan untuk mengurangi beban komunikasi jarak jauh.

Berdasarkan International Data Corporation (IDC), edge computing adalah sebuah jaringan mesh di pusat data mikro yang menyimpan, memproses sekaligus membawanya ke cloud atau data center. Tujuannya adalah untuk mengurangi rute proses pengolahan data yang mengarah ke sistem cloud dari tempat lokal, sedikitnya berjarak 100 kaki persegi.

Manfaat Edge Computing

Teknologi edge computing menawarkan kinerja layanan yang stabil, cepat dengan harga yang relatif murah. Latensi edge computing terbilang rendah serta mempunyai fitur real-time monitoring yang mana ini sangat diperlukan perusahaan atau penyedia layanan. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa merasakan manfaat layanan terutama dalam segi konsistensi dan kecepatan. Layanan edge computing juga dapat mengurangi resiko kebocoran daa dengan cara memperkuat seluruh daya komputasi berada di perangkat lokal.

Berikut ini beberapa manfaat edge computing, antara lain:

  • Memangkas biaya jaringan;
  • Mengatasi masalah bandwidth;
  • Menghindari masalah kegagalan layanan;
  • Memperkecil latensi; dan
  • Menghadirkan kontrol terhadap semua data secara lebih baik.

Bagian-Bagian Edge Computing

Berikut ini terdapat bagian-baian edge computing yang harus anda ketahui:

  • Provider: adalah tingkatan non-edge tradisional yang mana proses pelaksanaannya dilakukan oleh public cloud provider atau penyedia layanan telekomunikasi.
  • Service provider edge: adalah tingkatan yang berada di antara inti data center dan akses mil terakhir. Service provider edge dimiliki dan dijalankan oleh penyedia layanan yang melayani banyak pengguna.
  • End user edge: adalah tingkatan paling ujung di sisi end-user dari akses mil terakhir. Tingkatan ini bisa mencakup enterprise dan user edge. Contoh enterprise edge adalah pabrik, kereta api, dan toko retail.
  • Device edge: adalah tingkatan yang memakai sistem mandiri dan menghubungkan aktuator atau sensor secara langsung via protokol non-internet.

Kelebihan Edge Computing

Sekarang, edge computing merupakan sistem paling efektif untuk memaksimalkan kinerja loT. Melalui bantuan layanan ini, sebagian besar proses computing akan dipindahkan ke bagian tepi. Hal ini bertujuan supaya menurunkan sumber daya server dan pemakaian bandwidth yang tidak dibutuhkan.

Tidak hanya itu, edge computing juga mampu mengurangi latensi, hal tersebut memberi berpengaruh besar terhadap kecepatan jaringan. Latensi yang rendah sangat diperlukan, terutama ketika sedang melakukan proses transfer data.

Kekurangan Edge Computing

Selain memiliki keunggulan, edge computing juga mempunyai beberapa kekurangan. Salah satunya adalah adanya kemungkinan serangan pada perangkat loT. Ada celah kerentanan yang bisa menjadi peluang untuk disusupi oleh peretas. Perlu banyak tambahan perangkat loT ketika ingin mendapatkan proses computing yang maksimal, dua di antaranya adalah server edge dan perangkat sistem dengan sistem yang kuat.

Contoh Edge Computing

Di bawah ini terdapat beberapa contoh penggunaan edge computing yang bisa anda simak.

Contoh 1:

Ketika anda ingin mengirim pesan kepada rekan kerja di gedung yang sama. Pertama pesan tersebut akan ditransfer keluar gedung, kemudian diarahkan ke server, sampai akhirnya dibawa kembali ke gedung dan diterima oleh rekan kerja. Prosesnya bisa memakan waktu cukup lama, terlebih jika terjadi penundaan. Dengan bantuan edge computing memungkinkan proses pengiriman pesan dapat berlangsung lebih cepat.

Contoh 2:

Pada industri kesehatan, data pasien dikumpulkan dalam jumlah yang besar, baik dari perangkat, sensor ataupun peralatan medis lainnya. Edge computing difungsikan untuk mengidentifikasi data masalah potensial yang berkaitan dengan kondisi kesehatan pasien. Hal tersebut dapat membantu ahli medis untuk mengambil tindakan dengan segera, terutama pada situasi yang krusial terkait keselamatan pasien.

Kesimpulan

Sampai sini anda pasti sudah lebih paham apa itu edge computing, manfaatnya, sampai dengan kelebihan dan kekurangan. Edge computing merupakan suatu proses komputasi yang berfokus pada lalu lintas loT untuk menyimpan dan memproses data secara lokal. Proses pengerjaan data dijalankan di tepi jaringan guna mengatasi masalah latency dan bandwidth yang tidak diperlukan. Semoga artikel ini dapat membantu, semangat belajar.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

2 hours ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

3 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

4 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

4 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago