Pandemi corona COVID-19 menyebabkan semua kegiatan harus dilakukan dari rumah atau disebut work from home. Kegiatan ini berlaku juga untuk para siswa, dimana mereka harus belajar secara online. Salah satu platform yang dapat digunakan untuk pembelajaran online yaitu Google Classroom. Platform ini digunakan sebagai sarana belajar yang mudah karena memiliki kelebihan dan fasilitas-fasilitas belajar yang banyak.

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom merupakan salah satu aplikasi pembelajaran online yang dibuat oleh Google dan dapat digunakan secara gratis. Kehadirannya digunakan untuk membantu ruang lingkup pendidikan seperti membagikan pelajaran dan membuat tugas harian dan  membantu siswa menemukan dan mengatasi kesulitan dalam pembelajaran.

Prinsip kerjanya yaitu menyederhanakan proses berbagi file antara guru dan siswa pada Google Classroom dan menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Cara bergabung dikelas yaitu melalui kode pribadi atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Siswa dapat mengakses Google Classroom melalui perangkat iOS dan Android yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara offline.

Fitur-Fitur Google Classroom

Google Classroom hadir untuk memberikan kemudahan dalam mengajar tanpa materi fisik. Adapun fitur-fitur yang ada pada platform ini yaitu:

  • Tugas

Tugas yang diberikan akan disimpan dan dinilai pada rangkaian aplikasi produktivitas Google untuk kolaborasi online. Disini siswa dapat memilih file sebagai tempat, sehingga tiap siswa dapat mengedit salinan mereka sendiri dan kemudian kembali untuk mendapatkan nilai sehingga semua siswa bisa melihat, menyalin, atau mengedit dokumen yang sama.

  • Decimal Grading

Melalui fitur ini, guru akan dipermudah untuk melakukan penilaian yang membutuhkan keakuratan tinggi, seperti penggunaan desimal dalam penilaiannya. Selain itu, guru juga dapat memberikan komentar pada revisi tugas siswa dan mengembalikannya dan ketika sudah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali guru mengembalikan tugas.

  • Komunikasi menjadi lancar

Pengumuman dari guru dapat diposting dan dikomentari oleh siswa. Selain itu, siswa juga dapat mempostingnya ke kelas, tetapi tidak akan setinggi prioritas sebagai pengumuman oleh guru dan dapat dimoderasi. Berbagai jenis media dari produk Google seperti video YouTube dan file Google Drive dapat dilampirkan ke pengumuman dan pos untuk berbagi konten.

  • Penyusunan Kelas

Disini, guru dapat menyusun dan mengatur kelas berdasarkan kriteria kelas yang dimiliki.

  • Memiliki Keamanan Pribadi

Iklan tidak ditampilkan pada antarmuka siswa, dosen, dan guru, dan data pengguna tidak  digunakan untuk tujuan periklanan.

Kelebihan Google Classroom

1. Mobile Friendly untuk Pemula

Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan Google Classroom pasti tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Karena memiliki desain sederhana dan memiliki banyak fitur.

2. Penggunaannya Gratis

Aplikasi Google Classroom dapat diunduh secara gratis melalui playstore ataupun app store. Sehingga orang dapat secara leluasa untuk menggunakannya sebagai media untuk belajar maupun mengajar.

3. Penyimpanan data terpusat

Semua pembelajaran ada dalam satu lokasi yang terpusat. Siswa dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat menyimpan bahan eLearning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat atau nilai dapat dilihat dalam aplikasi.

4. Pengelolaan tugas yang mudah

Tugas yang diberikan akan mudah dikelola dengan hanya melihatnya pada satu halaman yang menyediakan laman tugas, sehingga kita tidak perlu mencari tugas yang diberikan oleh guru atau admin. Materi yang diberikan juga otomatis tersampaikan ke laman siswa dan bisa kita terima juga liwat email. Google Classroom memberikan bentuk tugas atau materi dalam berbagai bentuk mulai dari dokumen, tulisan, foto, gambar, dan masih banyak lagi file yang dapat dikelola.

5. Semua Jenis File masuk ke Google Drive kita

Semua bentuk file baik itu mp4,mp3, doc, pdf,zip dan lain sebagainya otomatis akan masuk ke akun Google Drive kita. Sehingga anda tidak perlu mencari media penyimoanan lain untuk menyimpan file yang sudah diupload.

6. Bebas dari iklan dan aman

Kegiatan yang kita lakukan akan terbebas dari iklan, sehingga akan fokus dalam belajar dan berdiskusi.

7. Efisiensi Waktu

Disini, siswa tidak harus mendownload tugas yang diberikan guru. Guru membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online serta juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik  untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Sehingga tidak akan ada waktu terbuang mendistribusikan dokumen fisik dan peserta didik dapat menyelesaikan tugas mereka dengan tepat secara online.

0 Shares