HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server

Pengertian Colocation Server

Colocation server adalah sebuah layanan di mana menyimpan server di data center orang lain atau penyedia layanan colocation server. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat infrastruktur ruangan data center dan mempekerjakan ahli IT untuk mengelolanya. Biasanya hanya cukup menyediakan server dan penyimpanan lalu di serahkan pada penyedia layanan tersebut.

Penyedia layanan itu akan menyediakan bangunan atau tempatnya, pendingin, daya, bandwidth dan keamanan fisik. Jadi bisa lebih fokus mengelola bisnis utama tanpa terganggu oleh masalah IT. Tentunya manajemen server bisa dikendalikan sepenuhnya jika mengambil pilihan teknis (unmanaged colocation), namun jika pilihan teknis yang diambil adalah managed colocation maka penyedia layanan tersebut yang akan membantu mengelola server.

Tipe layanan ini menawarkan dua jenis server yang berbeda, yaitu :

  • Unmanaged colocation

Bertanggung jawab terhadap proses monitoring, perbaikan masalah server, hingga melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti data backup.

  • Managed colocation

Proses atau operasi monitoring, maintenance, hingga update atas server ditangani oleh penyedia layanan server.

Manfaat Menggunakan Colocation Server

Ada beberapa alasan mengapa bisnis memutuskan untuk menggunakan colocation daripada membangun pusat datanya sendiri. Penggerak utama biasanya pengeluaran modal yang terkait dengan membangun, memelihara, dan memperbarui fasilitas komputasi yang besar beserta perlu adanya tim IT khusus yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraannya. Beberapa fasilitas colocation kelas dunia juga menawarkan pemulihan bencana dan layanan kelangsungan bisnis.

Tanpa kelangsungan bisnis atau rencana pemulihan bencana, mempertaruhkan sistem, aplikasi dan data yang sangat penting untuk misi penting. Selain ancaman bencana alam, kecelakaan umum seperti kegagalan peralatan dapat menghentikan operasi dan merusak reputasi bisnis di mata klien dan pelanggan. Penyedia colocation yang juga menawarkan pemulihan bencana dan layanan kesinambungan bisnis dapat memastikan kinerja operasi IT dan sistem misi-kritis tanpa gangguan jika terjadi bencana. Fitur dan dukungan yang bisa didapatkan dari jasa penyedia colocation server yang bisa menguntungkan bisnis meliputi :

  • Colocation server sejatinya dirancang untuk lingkungan komputasi awan berdensitas tinggi.
  • Didukung oleh dukungan teknis tangan jarak jauh 24/7/365 untuk respon taktis mengatasi masalah dan kendala dengan cepat serta akurat.
  • Terhubung dengan tulang punggung jaringan canggih untuk melayani kebutuhan komputasi generasi berikutnya
  • Dapat diskalakan untuk membantu pelanggan membuktikan keunggulan bisnis mereka di masa depan
  • Teknisi yang sangat terlatih dan bersertifikat industri mendiagnosis, mengisolasi, memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah dengan cara yang sangat terkontrol.

Kriteria dalam Memilih Colocation Server

Saat ini, di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya, sudah banyak perusahaan IT yang menyediakan layanan sewa rack atau colocation untuk penyimpanan server.

Akan tetapi, terlebih dahulu anda harus memperhatikan reputasi dan kondisi dari perusahaan colocation server tersebut. Apakah sudah memenuhi kriteria-kriteria atau standard tertentu, misalnya standard ISO.

Berikut ini kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih colocation server, yaitu :

  • Lokasi gedung yang aman dari bencana alam dan kerusuhan.
  • Siap melayani secara personal selama 24/7 non-stop.
  • Menjamin rahasia server,
  • Standard keamanan yang tinggi selama 24 jam, dilengkapi kamera CCTV.
  • Memiliki ruangan yang aman dari kebakaran.
  • Tersedianya power listrik yang memadai.
  • Memiliki fasilitas air temperatur control.
  • Koneksi jaringan internet yang stabil.
  • Sistem monitoring yang baik dan selalu update secara reguler.

Cara Kerja Colocation Server

Dalam memelihara dan mengelola server dimulai dengan memastikan lingkungan memungkinkan mereka bekerja dengan kapasitas penuh. Namun, ini adalah masalah utama yang dihadapi bisnis dengan rak server biasa. Jika perusahaan tidak mampu mengambil tanggung jawab dalam pemeliharaan rak tersebut, mereka akan mencari pusat data yang menawarkan layanan colocation server. Colocation server sebagai layanan berfungsi untuk bisnis yang sudah memiliki perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi tidak dapat menyediakan kondisi untuk menyimpannya.

Oleh karena itu, klien menyewa ruang dari penyedia layanan mereka yang menawarkan perumahan untuk perangkat keras, serta pengelolaan lingkungan. Klien memindahkan perangkat keras mereka ke pusat data, mengatur dan mengkonfigurasi server mereka. Tidak ada kontak fisik antara penyedia dan perangkat keras klien kecuali mereka secara khusus meminta bantuan tambahan yang dikenal sebagai tangan jarak jauh. Sementara perangkat keras yang di hosting, pusat data memikul semua tanggung jawab untuk pengelolaan lingkungan, seperti pendinginan, catu daya yang andal, keamanan di tempat dan perlindungan terhadap bencana alam.

Kelebihan Colocation Server

Berikut ini adalah kelebihan colocation server, yaitu :

  • Keuntungan terbesar adalah biaya pada bandwidth sekitar $150-$200. Server tunggal yang harganya sama dapat ditempatkan di fasilitas colocation yang menyediakan kecepatan bandwidth tinggi dan redudansi yang baik untuk koneksi jaringan. Bisa menyimpan dengan jumlah besar, jika menjadi satu-satunya akses jaringan.
  • Fasilitas colocation memiliki perlindungan pemadaman yang baik. Generator cadangan itu masih belum cukup untuk menjaga server sepanjang waktu. Untuk itu situs web akan diturunkan selama pemadaman. Penyedia colocation akan membayar pembangkit listrik dan listrik cadangan agar server tetap terlindungi.
  • Mesin yang terlalu lambat atau memori sedikit hanya akan di upgrade servernya. Jadi tidak perlu menunggu penyedia untuk upgrade.
  • Perangkat lunak server tidak harus bergantung pada penyedia hosting untuk menginstall software atau alat yang digunakan, karena itu bisa dilakukan sendiri. Jika memutuskan untuk menggunakan ASP atau ColdFusion perlu membeli dan menginstall perangkat lunak.
  • Bisa meninggalkan server dan berjalan sepanjang waktu, bisa meng-host domain sendiri. Harus membayar 2 garis untuk memindahkan domain ke lokasi baru atau berurusan dengan pemadaman sementara server untuk dipindahkan ke lokasi baru.
  • Penyedia colocation akan memberikan keamanan tambahan pada mesin. Server akan disimpan dan dipelihara dalam lingkungan yang aman.
  • Kebanyakan server colocation akan menawarkan pengelolaan dan pemeliharaan server tapi dengan tambahan biaya. Tentu ini menjadi sangat berguna ketika tidak memiliki anggota tim IT atau kantor yang jauh dari provider.

Kekurangan Colocation Server

Berikut ini adalah kekurangan colocation server, yaitu :

  1. Penyedia colocation sulit ditemukan. Perlu menemukannya di dekat kantor atau rumah, sehingga akan memudahkan upgrade dan menjaga server. Kecuali tinggal di kota besar memungkinkan akan terhubung dengan jaringan utama dan pilihan colocation tidak terlalu banyak.
  2. Colocation bisa lebih mahal dari web hosting. Ini berlaku ketika menjaga dan mengelola server sendiri. Ketika meningkatkan server perlu membeli perangkat keras kemudian menginstall.
  3. Mengakses server fisik akan sulit, karena harus melakukan perjalanan ke lokasi ke penyediaan colocation.
  4. Jika pindah ke daerah penyediaan colocation, pindahkan server ke penyedia baru atau meninggalkan mereka atau membayar kontrak pemeliharaan.
  5. Adanya fluktuasi harga. Salah satu faktor tingkatan bulanan collocating server adalah jumlah data yang ditransfer melalui server per bulan, maka traffic yang terlalu besar dapat menyebabkan tagihan atau layanan melonjak.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

7 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

11 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago