HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penjelasan dan Tips Menjadi Content Creator

Pengertian Content Creator

Content creator adalah individu atau organisasi yang secara rutin memproduksi konten untuk dibagikan melalui platform digital. Umumnya, tujuan utama seorang content creator adalah mendapatkan penghasilan, mempromosikan produk, atau meningkatkan personal branding.

Konten yang dihasilkan oleh seorang content creator bisa dalam bentuk artikel, video, ebook, infografik, foto, dll. Bisa menggunakan konten tersebut untuk diposting di beberapa media seperti blog, email, media sosial, YouTube dan TikTok.

Menurut HubSpot, para konten kreator ini merupakan orang-orang yang membuat konten dengan nilai edukasi dan hiburan. Setiap pembuat konten biasanya memiliki target audiens masing-masing. Selain membuat konten sebagai hobi, mereka juga bisa bekerja untuk sebuah perusahaan atau agensi digital. Pembuat konten yang bekerja untuk perusahaan akan membuat konten-konten dengan tujuan pemasaran sesuai dengan arahan perusahaan.

Alasan Content Creator Dibutuhkan untuk Promosi Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa membutuhkan content creator untuk keperluan promosi bisnis. Terutama bagi yang mengandalkan strategi content marketing.

1. Memudahkan membuat konten menarik

Dalam menjalankan strategi content marketing membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Konten juga perlu memenuhi beberapa aspek, seperti SEO, target audiens, dll. Tidak heran, faktanya 65% perusahaan mengatakan kesulitan dalam memproduksi konten yang menarik. Namun, dengan bantuan peran content creator dapat memproduksi konten menarik secara konsisten.

2. Membangun konsistensi branding

Seorang content creator mampu merealisasikan strategi dalam bentuk karya-karya yang unik dan menarik. Misalnya, dalam penggunaan font, warna dan tone yang tepat sesuai dengan brand image.

Dari situ, seorang content creator sangat berperan penting untuk menciptakan dan mempertahankan branding yang dimiliki sebuah bisnis.

3. Membantu tampil sebagai expert

Konten yang relevan dan bermanfaat dapat membantu pelanggan mengenal sebagai ahli di bidangnya. Dengan konten-konten tersebut, bisnis akan semakin dipercaya oleh pelanggan.

Dalam hal ini, peran content creator akan sangat membantu menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tidak hanya itu, mereka juga dapat membantu untuk menanggapi atau menjawab pertanyaan dan ulasan pelanggan pada channel marketing dengan tepat.

4. Mengelola dan membuat strategi konten

Membangun konten yang konsisten membutuhkan strategi dan perencanaan yang tepat. Ada beberapa langkah dalam membangun konten yang baik.

Perlu mengetahui siapa target pasar, apa kebutuhan target pasar, serta kapan mempublish konten tertentu. Sebagai contoh, target pasar seorang pemula yang ingin belajar bisnis online, maka konten perlu dibuat mudah dipahami dan dipelajari.

Content creator dapat memudahkan dalam melakukan proses ini, jadi mudah mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten sesuai dengan perencanaan yang tepat.

5. Membantu konten lebih mudah ditemukan

Untuk mencapai tujuan content marketing membutuhkan beberapa strategi SEO seperti penggunaan kata kunci, kualitas konten yang baik, dll. Jadi, selain membuat konten yang menarik  juga perlu menerapkan optimasi SEO pada konten.

Untungnya, peran content creator dapat membantu membuat konten yang tidak hanya menarik tetapi juga SEO friendly. Jadi, konten bisa lebih mudah muncul di ranking satu pencarian Google.

Kriteria Content Creator yang Baik

Sebelum bekerja sama dengan content creator perlu mengetahui beberapa kriteria untuk memilih mereka sebagai rekan bisnis yang baik.

1. Memiliki ide yang kreatif

Konten menarik dan orisinil biasanya lahir dari ide-ide kreatif. Tidak hanya menarik, konten juga perlu sesuai dengan tujuan bisnis. Dengan begitu promosi konten yang dibuat bisa sukses sesuai target. Untuk itu, penting sekali seorang content creator perlu memiliki kreativitas yang baik.

2. Mempunyai kemampuan riset yang baik

Hasil konten yang baik bisa didapatkan melalui banyak cara, salah satunya dengan melakukan riset. Langkah ini akan membuat konten sesuai dengan yang dibutuhkan target pembaca. Oleh sebab itu, seorang content creator perlu memiliki kemampuan riset yang baik.

Ada banyak cara untuk bisa melakukan riset. Salah satunya melalui tools Google seperti Google Trends, Google Analytics, dll.

3. Menguasai tools pendukung

Skill dan pemahaman yang baik perlu didukung oleh tools pendukung agar hasil karya lebih maksimal. Misalnya, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik.

Seorang content creator setidaknya juga mampu menguasai beberapa tools analytics seperti Google Analytics untuk memantau, mengevaluasi dan memaksimalkan kinerja konten.

4. Kemampuan komunikasi baik

Selain kemampuan membuat konten, seorang content creator juga perlu kemampuan berkomunikasi yang baik. Skill ini penting supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam berkoordinasi. Jadi, project yang dijalankan bisa berjalan dengan baik.

5. Memahami SEO 

Seorang content creator juga harus memahami teknik SEO supaya strategi content marketing berjalan maksimal. Teknik SEO dapat membantu konten lebih mudah dijangkau oleh banyak orang.

Selain itu juga perlu memberitahu tujuan bisnis kepada mereka untuk menghasilkan konten sesuai tujuan.

Cara untuk Menjadi Content Creator yang Sukses

Cara berikut ini bisa membantu agar berhasil membuat konten yang menarik audiens.

1. Tingkatkan skill komunikasi

Untuk jadi seorang content creator yang andal harus memiliki skill komunikasi yang baik. Pencipta konten harus pintar menerjemahkan pesan yang ingin disampaikan ke dalam bentuk konten yang mampu memikat audiensnya. Kemampuan berkomunikasi yang baik berguna agar informasi berhasil tersampaikan dengan jelas ke audiens.

2. Gunakan kreativitas

Gunakan kreativitas sebaik mungkin untuk menghasilkan konten yang orisinil, konten kreator harus memanfaatkan ide-ide kreatifnya. Skill kreativitas akan terasah seiring dengan berjalannya waktu jika rajin memproduksi banyak konten.

3. Memanfaatkan tren

Seorang pembuat konten harus aware terhadap tren yang ada. Untuk menghasilkan konten yang berhasil menarik audiens, harus up to date dengan hal-hal yang terjadi di sekitar dan bisa memanfaatkan tren tersebut. Dengan melihat hal-hal yang sedang hangat dibicarakan, bisa mendapat ide untuk membuat konten yang menarik audiens.

4. Pelajari audiens

Mempelajari audiens adalah salah satu tips menjadi creator yang sukses. Harus memahami karakteristik audiens supaya bisa membuat konten yang relevan dan menarik perhatian mereka. Pelajari demografi, karakteristik dan kebiasaan audiens, dari situ bisa membuat konten yang disukai audiens.

5. Menguasai tools

Ide dan kemampuan dalam pembuatan konten tidak akan efektif tanpa didukung dengan keterampilan menguasai tools. Terlebih ketika baru memulainya, mungkin tidak ada tim yang membantu dalam pembuatan konten. Untuk itu perlu mengasah kemampuan menggunakan tools yang mendukung pembuatan konten.

Misalnya saja dalam hal produksi video perlu memahami software editing video supaya menghasilkan konten video menarik dan berkualitas. Selain itu, beberapa tools analytic perlu dikuasai supaya bisa memaksimalkan performa konten selanjutnya.

6. Melakukan analisa performa konten

Selain dalam pembuatan konten, kemampuan analisa atau evaluasi penting bagi seorang pembuat konten. Hal tersebut berguna agar konten yang dihasilkan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran ke depannya. Terlebih bagi kreator konten yang bekerja untuk perusahaan, harus mengetahui bagaimana performa dan analitik akun konten.

Platform analytic bisa dimanfaatkan untuk analisa konten. Dari situ akan tahu bagaimana aktivitas yang terjadi pada akun.

7. Bangun koneksi dengan creator lain

Bangunlah network dengan creator lain. Hal ini bisa membantu menambah exposure dan audiens pada akun. Bisa gabung dalam komunitas-komunitas creator untuk menambah teman dan koneksi. Nantinya bisa bekerja sama atau melakukan kolaborasi konten dengan mereka.

Selain menambah teman, juga bisa mendapat banyak ide dan inspirasi dalam menciptakan konten-konten yang menarik.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

6 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago