Sebenarnya bisnis online tidaklah semudah yang dibayangkan. Bisnis online memerlukan usaha yang lebih. Bahkan untuk bisa bertahan lama, anda perlu memahami strategi atau prinsip sukses berbisnis online.

Berikut ini prinsip-prinsip yang perlu anda ketahui untuk menjadi sukses dalam berbisnis online.

  1. Memiliki cara untuk menjaring data prospek bermutu sebanyak-banyaknya

Prospek disini merupakan orang yang berminat terhadap produk anda. Menjaring prospek artinya mengumpulkan data orang yang berminat pada produk anda yang memiliki peluang untuk membeli. Kumpulkan data nama, email, serta data lainnya dari mereka yang nantinya bisa anda gunakan untuk menjalin hubungan hingga akhirnya menghasilkan penjualan.

Jika anda memiliki prospek sedikit, maka bisa dipastikan pembeli anda juga akan sedikit. Tetapi jika anda bisa mengumpulkan prospek secara melimpah, maka orang yang akan beli pun akan melimpah.

  1. Menciptakan produk informasi yang memberikan solusi

Penjualan di internet yang bisa dikatakan menguntungkan adalah jualan produk informasi. Tentu saja produk informasi yang dijual harus memberikan solusi tehadap permasalahan orang lain. Pada dasarnya orang mengakses internet untuk mencari informasi dan sebagian besar informasi yang mereka cari adalah informasi yang bisa memecahkan masalah mereka. Entah itu cara menurunkan berat badan, cara membangun bisnis dan sebagainya.

  1. Menggunakan prinsip direct marketing dalam menjual produk

Cara menjual yang paling baik dan paling cocok diterapkan di internet adalah direct marketing yang artinya anda mendatangkan orang ke website anda dengan satu tujuan yaitu menghasilkan penjualan. Saat mereka datang, sodorkan penawaran andaa. Definisikan permasalahan mereka, lalu tawarkan solusi dari anda. Jabarkan manfaat yang akan mereka peroleh jika mereka memiliki produk anda.

  1. Melakukan follow up dan menjaga hubungan dengan calon pelanggan

Manfaatkan data calon pelanggan yang sudah anda punya, lakukan komunikasi berkelanjutan dengan mereka. Anda bisa lakukan follow up, menawarkan program diskon atau penawaran lainnya. Calon akan semakin mengenal anda. Saat mereka membutuhkan sesuatu, maka mereka akan ingat dengan produk yang anda tawarkan dan akan membelinya.

  1. Memiliki peluang untuk menghasilkan multiple income dari calon pelanggan

Anda tidak mengandalkan satu produk saja. Anda bisa memiliki banyak produk  dengan topik yang berbeda-beda namun tetap pada satu tema. Sebagai contohnya calon pelanggan anda tidak tertarik pada produk yang pertama, namun bisa jadi dia tertarik pada produk anda yang kedua. Dapat dimungkinkan satu orang calon pelanggan akan membeli beberapa produk yang anda tawarkan.

  1. Memanfaatkan kekuatan daya ungkit menggunakan waktu, otak, dan tenaga orang lain

Gunakanlah waktu, otak, dan tenaga orang lain untuk menghasilkan penjualan dan tidak selalu anda kerjakan sendiri. Jika anda tidak bisa membuat produk, carilah orang untuk membuatkan produk untuk anda. Jika anda tidak bisa membuat web menarik, gunakan tenaga orang untuk membuat  web anda menarik. Jika penjualan anda sepi, cari orang untuk membantu anda berjualan, dan lainnya. Dengan begini anda bisa fokus ke hal penting lainnya dan menjadi lebih produktif. Tentu saja setiap tugas yang anda selegasikan akan membawa hasil yang jauh lebih baik dari pada anda jalankan sndiri.

  1. Membuat sistem otomatis untuk bisnis anda

Anda perlu sebuah sistem dimana bisa menggantikan tugas bisnis anda. Sistem itu yang akan menjalankan seluruh atau paling tidak sebagian besar tugas bisnis anda secara otomatis.

Rate this post