HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Konsultasi Kesehatan Terbaik 2022

Aplikasi konsultasi kesehatan sempat booming saat pandemi Covid-19 menyebar dengan ganas di Indonesia. Melalui aplikasi ini, kita bisa konsultasi kesehatan ke dokter secara virtual.

Meskipun pandemi Covid-19 sudah cukup terkendali, nyatanya penggunaan aplikasi ini masih marak, bahkan semakin diminati. Kementerian Kesehatan menyebutkan, sebanyak 57% masyarakat di Indonesia rutin menggunakan aplikasi kesehatan sejak 2020.

Selain tidak memerlukan kontak fisik, aplikasi ini membantu kita untuk menangani sakit ringan dengan respons dokter yang cukup cepat. Kita juga tidak perlu mengantri dan menunggu jadwal kedatangan dokter yang kadang cukup lama.

1. Halodoc

Halodoc merupakan salah satu aplikasi konsultasi dokter terpopuler di Indonesia. Dikembangkan oleh Halodoc, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali dan mendapat rating 4,7/5 dari 397.000 ulasan.

Di sini bisa konsultasi online mengenai masalah kesehatan ke dokter dari berbagai bidang spesialisasi, mulai dari dokter umum, dokter kandungan, dokter jantung, dan lainnya.

Selain itu juga bisa mendapat resep dan langsung menukarnya di apotek yang bekerjasama dengan Halodoc. Jika butuh layanan lab, tim Halodoc juga akan langsung datang ke rumah.

Tersedia pula fitur untuk membuat janji dengan rumah sakit tanpa antre. Ada pula toko kesehatan dengan koleksi produk yang lengkap plus berbagai promo. Toko ini juga mendukung pengiriman instan atau next day. Meskipun bukan aplikasi konsultasi kesehatan gratis, namun dengan memasukkan kode kupon ADAHALODOC bisa dapat gratis konsultasi khusus pengguna pertama.

2. Alodokter

Aplikasi kesehatan ini menyediakan fitur chat bersama dokter, janji konsultasi, Aloshop, hingga artikel kesehatan terpercaya. Bisa menyampaikan keluhan kesehatan ke lebih dari 20.000 dokter umum, spesialis, dan psikolog. Mereka juga telah tersertifikasi dan dijamin merespon kurang dari dua menit.

Jika butuh pemeriksaan lebih lanjut bisa buat janji dengan dokter berpengalaman di lebih dari 1.500 rumah sakit dan klinik. Tersedia informasi ketersediaan jadwal beserta biaya pemeriksaannya secara lengkap. Tak hanya itu saja, Alodokter juga menawarkan fitur asuransi kesehatan dengan premi yang murah dan pendaftaran mudah. Asuransi dari Alodokter memberikan bantuan untuk rawat inap mencapai Rp 1 juta per malam.

Jika mau beli obat bisa lewat Aloshop dengan koleksi yang cukup lengkap. Bisa dapat diskon 5% kalau beli obat di apotek Century hanya dengan menunjukkan aplikasi kesehatan ini.

3. KlikDokter

KlikDokter memiliki fitur chat yang bisa 24 jam dalam sepekan. Jadi, berkonsultasi dengan dokter pun bisa segera dilakukan tanpa perlu menunggu hingga esok hari. Fitur chat ini juga memiliki topik obrolan yang berbeda setiap harinya. Topik-topik kesehatan yang diangkat misalnya tentang gizi dan diet, kehamilan dan kesuburan, gigi dan mulut, dan sebagainya.

Ada pula artikel dengan beragam topik kesehatan yang bisa ditemukan pada aplikasi ini. Satu lagi fitur menarik yang dimiliki oleh KlikDokter adalah tools yang berhubungan dengan kesuburan dan kehamilan.

Ada juga toko online dengan beragam obat, vitamin, suplemen, susu, hingga produk kecantikan. Semuanya sudah terdaftar di BPOM.

4. SehatQ

Aplikasi SehatQ cukup populer di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali dan mendapat rating 4.4/5 dari 11.400 ulasan. Tidak heran ratingnya cukup tinggi, soalnya fitur dan layanan kesehatan di sini lengkap banget. Bisa chat dokter di klinik online dengan dukungan dokter-dokter berpengalaman.

Ada juga fitur khusus untuk menyambut kehamilan mulai dari pemeriksaan awal hingga persalinan. Bagi yang ingin konsultasi kesehatan mental, psikolog SehatQ juga siap membantu.

Selain itu juga bisa beli obat di toko SehatQ. Jika barang yang diinginkan tidak ada, tersedia layanan pembelian obat K24 hingga Kimia Farma online.

5. ProSehat

Jika belum puas hanya dengan sekedar konsultasi via chat atau video call, ProSehat menawarkan sesuatu yang lain, yakni home visit. Artinya, pengguna bisa memanggil dokter ke rumah hanya lewat aplikasi. Tak hanya memanggil dokter saja, layanan lab, imunisasi, dan vaksinasi bisa dilakukan secara DriveThru atau memanggil petugas ke rumah. Di ProSehat bisa melakukan konsultasi tentang masalah kesehatan ke dokter yang siaga 24 jam.

Hanya saja, layanan vaksinasi home service baru bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang berdomisili di Jabodetabek saja. Selain konsultasi dan layanan home service, ProSehat juga menyediakan beragam produk kesehatan lengkap yang selalu memiliki promo menarik. Produk kesehatan yang ada juga bisa dibeli dengan cara berlangganan, untuk meminimalisir lupa.

6. MyDoctors

MyDoctors merupakan aplikasi besutan PT. MyDoctors Indonesia Nusantara Teknologi. Aplikasi konsultasi kesehatan ini memiliki fitur lengkap layaknya aplikasi lain. Melalui MyDoctors, konsultasi yang dilakukan tak hanya berupa kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan psikis.

Konsultasi bisa dilakukan secara rutin dengan audio visual melalui video call, sehingga tidak perlu datang langsung ke klinik atau rumah sakit. Meski begitu, jika dibutuhkan MyDoctors juga bisa membuat janji temu. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan maka ada tim yang biasa melakukan home service, baik untuk pemeriksaan maupun pemeriksaan laboratorium.

7. Digidoc

Aplikasi Digidoc memang masih cukup baru. Namun, layanan kesehatan berbasis teknologi yang ditawarkan lumayan lengkap. selain itu bisa mengecek indikator kesehatan melalui Body Check Up, mulai dari kadar gula darah, tekanan darah, suhu badan, saturasi oksigen, hingga asam urat.

Tersedia layanan konsultasi dengan dokter bersertifikat. Harganya juga terjangkau dan bisa bebas pilih dokter sesuai masalah kesehatan. Aplikasi konsultasi dokter online ini juga terintegrasi dengan berbagi rumah sakit jika dibutuh rujukan. Tak hanya itu, obat dan vitamin yang diresepkan dokter bisa ditebus langsung di toko obat online Digidoc.

8. Good Doctor

Aplikasi ini digadang-gadang bisa memenuhi semua kebutuhan kesehatan pengguna. Alasannya karena aplikasi ini memiliki misi untuk menyediakan 1 dokter untuk 1 keluarga di Indonesia. Berkonsultasi dengan dokter bisa mudah dilakukan selama 24 jam non stop dengan dokter umum atau spesialis.

Ada pula fitur untuk pemesanan obat yang akan langsung diantarkan sampai ke depan pintu rumah. Selain itu, jika butuh pelayanan medis langsung, pengguna bisa melakukan booking melalui aplikasi ini. Bagi yang menggunakan asuransi kesehatan yang telah bermitra dengan Good Doctor juga akan mendapatkan banyak manfaat menarik lainnya.

9. Lekassehat

Ragu melakukan konsultasi dokter secara online karena takut salah mendeskripsikan keluhan? Jangan khawatir, selain fitur chat, Lekassehat memiliki fitur video call, sehingga dokter bisa lebih pasti dalam memberikan diagnosis. Ada beragam jenis dokter yang tergabung dalam aplikasi ini, mulai dari dokter umum, spesialis, gigi, sampai gigi spesialis.

Dokter yang tergabung di aplikasi ini juga bisa memberikan resep sesuai dengan keluhan yang dimiliki. Untuk pembelian obat, dapat memanfaatkan layanan farmasi yang terdapat di dalam aplikasi atau bisa juga dibeli di apotek terdekat. Jadi, menggunakan aplikasi ini bisa menghemat biaya periksa langsung ke klinik atau ke rumah sakit.

10. YesDoc: 24 Hour Live Doctor Consultation

Ada hal berbeda yang ditawarkan oleh aplikasi konsultasi dokter gratis yang satu ini, yaitu adanya fitur panggilan video. Fitur ini bisa digunakan secara real-time 24 jam non stop. Ada dokter yang bertugas yang siap menjawab semua masalah kesehatan yang pengguna keluhkan. Jadi jika butuh pertolongan pertama, YesDok bisa membantu memberikan arahan yang tepat.

Apabila yang dikeluhkan masih belum memerlukan penanganan medis langsung, ada kemungkinan tim dokter dari YesDoc akan meresepkan obat. Jika demikian, maka ada fitur pengantaran obat langsung ke depan pintu. Selain itu, masih ada fitur-fitur menarik lainnya dalam aplikasi ini. Hanya saja, saat melakukan konsultasi dengan video call koneksi internet harus stabil.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

18 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

22 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago