Membuat desain website yang menarik dan membanggakan menjadi hal yang sangat anda inginkan. Mungkin anda ingin merubah keseluruhan tampilannya atau ingin membuat desain website yang baru. Anda dapat membuat website anda menarik dengan menambahkan gambar atau foto. Foto atau gambar bisa menjadi sarana komunikasi visual yang kuat karena dapat menggambarkan ribuan kata. Namun, anda perlu berhati-hati dalam mempertimbangkan foto atau gambar yang akan anda gunakan untuk website anda.

Berikut ini tips untuk memilih foto atau gambar yang dapat membuat desain website anda berkesan di mata pengunjung.

  • Foto yang Berkualitas

Large Foto, Pixelperfect, dan gambar beresolusi tinggi selalu menjadi pilihan terbaik. Hal ini merupakan cara mudah untuk membuat website anda terlihat menonjol dan professional. Dengan gambar yang tajam dan tidak blur dapat meningkatkan perhatian pengunjung terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.

Jika anda ingin membangun kredibilitas dan menarik perhatian pengunjung pada website anda, memasang foto beresolusi tinggi serta memiliki nilai keindahan merupakan cara paling efektif yang dapat anda lakukan.

  • Sesuai dengan Brand

Gambar yang anda gunakan harus relevan dengan brand anda. Foto atau gambar harus bisa memberikan kesan kepada pengunjung bahwa produk yang anda tampilkan di website memang benar-benar berkualitas.

  • Actionable

Gambar atau foto yang digunakan harus dapat membujuk atau mengarahkan pengunjung website untuk melakukan tindakan pada Call to Action yang terdapat dalam website anda.

  • Mewakili sebuah produk

Foto atau gambar yang bertujuan untuk membantu penjualan suatu produk haruslah berkaitan dengan produk tersebut.

Ada beberapa cara untuk membuat foto produk terlihat nyata/hidup pada website, yaitu:

  • Menggunakan beberapa gambar untuk menunjukkan produk dari berbagai sudut.
  • Pikirkan konteks bagaimana produk harus ditampilkan ke pembeli potensial.
  • Pastikan Anda mengizinkan pengunjung untuk melihat gambar produk dengan ukuran besar.
  • Jika produk tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, pastikan Anda telah menunjukkan semua variasi.
  • Menggunakan Foto Real People

Menggunakan foto orang yang nyata memiliki potensi untuk meningkatkan rasio konversi website anda. Namun, anda harus sebisa mungkin hindari menggunakan foto stock real people.

  • Unik

Anda harus menggunakan gambar yang dapat mendukung dan membedakan merek anda dari para pesaing. Pikirkan sesuatu yang benar-benar berbeda dari pesaing anda.