Proses pengecekan bertujuan untuk memantau bagaimana kinerja dari SEO pada sebuah website. Jika tidak mendapatkan ranking yang bagus, tentu harus dilakukan beberapa langkah untuk memperbaiki kinerja SEO yang bekerja di halaman website.

Saat ini ada banyak aplikasi (tools) yang berfungsi untuk melakukan cek peringkat website di Google. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk memaksimalkan proses cek peringkat website di Google.

1. SERPROBOT

SERPRobot merupakan aplikasi yang menyediakan layanan SERP analisis. Fitur yang disediakan adalah pengecekan ranking website untuk mendapatkan hasil yang akurat. Anda dapat memilih target negara atau lokasi secara spesific. Selain itu juga bisa melihat langsung ranking lebih dari 10 keywords dan SERBLab akan melakukan pengecekan sesuai dengan keinginan anda.

2. What’s My SERP

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan peringkat website di mesin pencarian Google. Anda dapat memasukkan lebih dari 10 kata kunci secara bersamaan untuk melihat peringkatnya. Caranya sukup masukkan domain yang anda kelola, lalu masukkan beberapa kata kunci. Secara otomatis sistem akan melakukan pencarian dan analisis posisi website. Anda juga dapat menganalisis peringkat berdasarkan Negara yang menjadi target.

3. SERPChecker

Apliksi ini menyediakan informasi pengecekan peringkatan secara lengkap dan gratis. Namun penggunaan aplikasi ini terbatas, hanya bisa melakukan pencarian sebanyak 5 kali sehari.

4. Google Search Console

Merupakan kumpulan alat yang ditawarkan oleh google untuk membantu webmasters meningkatkan website mereka agar dapat mempunyai performa baik di dalam mesin pencari. Anda juga dapat melihat performa website pada hasil pencarian, impresi, dan banyaknya klik, peringkat dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk menambahkan XML sitemap yang mana dapat membantu Google untuk mengenali website Anda dengan baik.

5. Ahrefs

Aplikasi ini menawarkan interface yang mudah dipahami dan informasi yang ada di dalamnya dapat dimengerti meskipun digunakan oleh user baru. Caranya anda masukkan domain anda di dalam kotak pencarian, secara otomatis Ahrefs akan melakukan analisis kemudian akan muncul informasi terkait dengan performa dan kualitas website menggunakan diagram dan grafik yang menarik.

6. SEMRush

SEMRush merupakan salah satu alat untuk melakukan penelitian SEO dan kata kunci popular. SEMRush adalah kumpulan dari beberapa fitur analisis SEO yang dapat anda manfaatkan. SEMRush mempunyai banyak fungsi untuk meneliti bagaimana kinerja SEO dari website. Tool ini juga dapat menampilkan peringkat keywords dari berbagai macam website dengan berbagai informasi lainnya. SEMRush juga mempunyai beberapa fitur untuk membandingkan situs anda dengan beberapa situs lain.