HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Membuat dan Contoh URL Blog untuk Meningkatkan Peringkat SEO

Saat ini, strategi SEO sangat efektif dalam meningkatkan traffic blog atau website. Namun, perlu kamu ketahui bahwa SEO bukan hanya sekedar kata kunci saja. Ada faktor lain yang dapat kamu gunakan sebagai strategi SEO untuk memastikan kamu mendapatkan lebih banyak traffic ke blog atau website kamu.

Faktor yang dimaksud adalah URL. Bagi sebagian blogger pemula, URL blog mungkin tidak terlalu penting. Hal ini karena sebagian besar blogger pemula menggunakan platform blogging yang sudah menyediakan generate URL untuk suatu halaman.

Platform blogging biasanya menyediakan URL dengan struktur lengkap, mulai dari nama domain, kategori blog, tanggal dan tahun pembuatan blog, judul blog, dan atribut lainnya sehingga membuat URL terlihat panjang dan rumit.

Oleh karena itu, sebelum kamu mempublikasikan konten blog, kamu harus membuat dan mengatur URL blog dengan baik. Bagaimana cara membuat URL yang baik? Mengapa URL sangat penting untuk meningkatkan SEO? Bagaimana cara membuat URL blog di WordPress? Tenang! Semuanya akan dijelaskan pada artikel blog berikut ini.

Pentingnya URL Blog untuk SEO

Sebelumnya kamu mengetahui apa saja contoh URL blog yang baik dan mana yang sesuai kaidah SEO. Pertama-tama, kamu harus mengetahui betapa pentingnya membuat dan mengatur URL blog.

  • Mempengaruhi Peringkat Hasil Pencarian di Search Engine

URL blog merupakan faktor penting dalam meningkatkan peringkat SEO di mesin pencari, seperti Google. Struktur URL blog akan membantu mesin pencari mengidentifikasi keterkaitan antara halaman blog dengan kata kunci yang diberikan oleh pengguna.

Semakin mirip URL dengan konten blog dan kata kunci pencarian, semakin besar kemungkinan peringkat blog tersebut di peringkat teratas. Dengan begitu, blog tersebut akan dikunjungi lebih banyak pengguna dan traffic blog akan semakin meningkat. Oleh karena itu, pembuatan URL blog sangat dipengaruhi oleh SEO.

  • Mempermudah Web Crawler untuk Mengindeks Blog

Selain itu, membuat URL blog juga penting untuk SEO blog karena memudahkan web crawler mengindeks blog. Web crawler adalah bot yang mencari dan mengindeks konten di World Wide Web.

Web crawler bertanggung jawab memahami konten halaman web sehingga dapat menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang diberikan pengguna melalui mesin pencari.

Salah satu tugas web crawler adalah mengelompokkan URL. Dalam menjalankan tugasnya, web crawler terlebih dahulu akan mencari dan menemukan URL halaman web, lalu meninjau dan mengategorikan URL tersebut. Setelah URL dikategorikan, web crawler akan mengindeks URL blog dan menyimpannya dalam indexing tersebut.

Saat pengguna memulai pencarian untuk kata kunci tertentu, mesin pencari akan menelusuri indeks semua halaman di mana kata-kata tersebut kemungkinan besar muncul dan memilih halaman yang paling relevan.Inilah mengapa URL sangat penting untuk SEO.

  • Dapat Menaikkan Traffic Blog

Struktur URL yang singkat, sederhana, dan mudah dipahami dapat meningkatkan trafik blog. Hal ini dikarenakan, panjang pendeknya URL blog akan mempengaruhi keberlangsungan traffic blog.

Misalnya kamu mempunyai dua blog:

URL 1 : https://hosteko.com/blog/komponen-pembuatan-website

URL 2 : https://hosteko.com/blog/apa-itu-permalink-fungsi-permalink-bagaimana-cara-optimasinya

Sebagai pengguna pasti akan sulit mengingat URL blog kedua ketika ingin membaginya dengan pengguna lain. Karena kesulitan tersebut, akhirnya URL blog kedua tidak lagi diakses oleh pengguna lain. Ini tentu akan mengurangi traffic blog kedua. Berbeda dengan blog pertama yang memiliki URL blog pendek dan sederhana.

Jika URL blog pendek dan sederhana, pengguna akan lebih mudah membaginya dengan pengguna lain. Sehingga traffic blog bisa meningkat jika semakin banyak orang yang mengunjungi URL tersebut.

Contoh URL Blog Untuk Menaikan SEO

Ada berbagai cara untuk meningkatkan SEO. Salah satu caranya adalah dengan mengatur URL blog. Adapun contoh URL blog yang baik untuk meningkatkan peringkat SEO adalah sebagai berikut:

1. Sesuai Kaidah Standar Struktur URL

Sebelum kamu mempublikasikan konten blog, kamu harus memahami kaidah standar struktur URL blog. Memang tidak ada kaidah yang pasti dalam membuat URL untuk blog. Tetapi, setidaknya kamu tahu apa saja yang sering digunakan blogger saat membuat URL untuk meningkatkan SEO blognya.

Biasanya, saat kamu mempublikasikan blog, URL blog secara otomatis disediakan oleh platform blog. Namun, URL blog yang disediakan tersebut terlalu rumit dan panjang. Sehingga banyak blogger yang mengubah URL blog mereka menjadi lebih sederhana dan mudah.

Nah, contoh URL blog yang seperti itulah yang banyak digunakan para blogger. Dengan URL blog yang sederhana, tentu akan memudahkan pengunjung. Demikian pula dengan mesin pencari yang akan dapat dengan mudah memahami halaman blog sehingga dapat ditampilkan sesuai kata kunci.

2. Membuat URL Sesuai dengan Isi Konten Blog

Contoh URL blog yang baik yang kedua adalah membuat URL yang sesuai dengan konten blog. Bagi sebagaian blogger pemula yang belum memahami pentingnya SEO dalam blog mungkin akan menggunakan URL otomatis dari penyedia platform blognya.

Hal tersebut wajar saja karena mempelajari teknik SEO memang harus dilakukan secara perlahan. Oleh karena itu, jangan terus-menerus menggunakan URL otomatis dari platfrom blog.

Untuk lebih meningkatkan peringkat SEO, sebaiknya kamu membuat URL blog yang sesuai dengan konten blog. Misalnya, kamu memiliki konten blog berjudul “Cara Menulis Blog yang Bisa Mengundang Banyak Traffic”. Maka kamu dapat mengatur URL blog sesuai judul blog di https://hosteko.com/blog/cara-menulis-blog.

3. Singkat, Sederhana, dan Mudah Dipahami

Singkat, sederhana, dan mudah dipahami adalah contoh URL blog yang baik. Semakin singkat URL blognya, semakin baik. Hal ini dikarenakan, contoh URL blog yang baik adalah yang tidak membingungkan pengguna atau pengunjung saat mengakses blog.

Jika URL blog kamu membingungkan, URL tersebut mungkin tidak akan diakses oleh pengguna. Apalagi, terkadang pengguna juga ingin berbagi URL dengan pengguna lain sehingga jika URL-nya panjang dan rumit tentu akan menyulitkan.

Selain itu, jika URL yang diberikan kepada pengguna lain tidak lengkap, tentu mereka tidak dapat mengaksesnya.

4. Menggunakan Kata Kunci Utama (Main Keyword)

Contoh URL blog yang baik lainnya adalah dengan menggunakan kata kunci utama (main keyword). Cara termudah untuk meningkatkan peringkat SEO adalah dengan menggunakan kata kunci.

Jika kata kunci yang kamu gunakan pada blog sesuai dengan kata kunci pencarian pengguna maka secara otomatis blog kamu akan mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Dengan begitu, blog kamu akan dikunjungi oleh banyak pengguna.

Kata kunci utama biasanya digunakan para blogger untuk meningkatkan peringkat SEO mereka. Selain menggunakan kata kunci utama di dalam konten, kamu juga dapat menggunakan kata kunci utama di dalam URL.

Misalnya, kata kunci utamanya adalah “Tips Memilih Hosting”. Maka kamu bisa menggunakan kata kunci utama tersebut pada URL blog, seperti berikut ini: https://hosteko.com/blog/tips-memilih-hosting agar dapat meningkatkan peringkat SEO pada blog yang kamu buat.

5. Gunakan Tanda Hubung Sebagai Pemisah

URL blog bisa lebih dari satu kata, biasanya antara tiga sampai lima kata. Jika kamu ingin menulis URL blog yang sedikit lebih panjang, sebaiknya gunakan standar pembuatan URL blog.

Misalnya, kamu menggunakan URL blog “Cara Membuat Website dengan Drupal”. Pastikan kamu tidak menggunakan URL blog dengan struktur berikut: https://hosteko.com/blog/caramembuatwebsitedengandrupal. Ini karena akan merugikan kamu dari sisi SEO.

Selain itu, URL yang panjang dan rumit akan sulit diidentifikasi oleh web crawler sehingga dapat menyulitkan blog kamu mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tanda hubung sebagai pemisah. Sehingga URL-nya menjadi sebagai berikut: https://hosteko.com/blog/cara-membuat-website-dengan-drupal.

6. Menghindari Penggunaan Stopwords

Contoh URL blog yang baik adalah menghindari penggunaan stopword pada URL blog. Stopword adalah kata-kata umum yang sering digunakan, tetapi tidak mempunyai arti atau informasi penting.

Contoh stopword, antara lain: yang, di, ke, dan, atau, tetapi, dan masih banyak lagi. Dengan menghindari penggunaan stopword pada URL akan membuatnya lebih pendek dan lebih mudah dibaca.

7. Menghapus Tanggal Dari Generate URL

Menghapus tanggal dari generate URL platform blog akan membuat konten blog tampak lebih relevan dengan penelusuran pengguna. URL blog yang tidak menampilkan tanggal dapat membantu meningkatkan traffic blog dan meningkatkan peringkat blog selama bertahun-tahun.

Misalnya URL blog hasil generate platform blog adalah https://hosteko.com/blog/2018/10/18/cara-buat-website-dengan-drupal. Dengan kamu tetap mencantumkan tanggal di URL, pengguna tentu akan mengira artikel “Cara Membuat Website dengan Drupal” sudah ketinggalan zaman. Hal ini karena tahun pembuatannya adalah 2018.

Jadi, sebaiknya tanggal pembuatan blog dihapus saja sehingga menjadi https://hosteko.com/blog/cara-membuat-website-dengan-drupal. Untuk menghapus tanggal, kamu juga bisa mengaturnya dari hosting melalui cPanel.

Cara Membuat URL Blog Pada WordPress

1. Login WordPress

Pertama, kamu harus login ke WordPress. Untuk login ke WordPress, silakan buka namadomain/wp-admin di web browser. Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi kamu.

2. Memilih Menu Plugins

Setelah berhasil login, klik menu Plugins lalu klik Add New.

3. Melakukan Instalasi Plugin Pretty Links

Ada beberapa plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat URL blog di WordPress. Nah, panduan kali ini akan menggunakan plugin Pretty Links. Silakan ketik “Pretty Links” di kotak pencarian,  klik “Pretty Links”, dan Install Now.

Setelah instalasi selesai, klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

4. Membuat URL Blog

Setelah instalasi selesai, kamu bisa langsung membuka tab “Pretty Links” yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya, klik Add New untuk membuat URL blog. Ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi, yaitu bagian Target URL dan Pretty Link.

Target URL adalah URL blog hasil generate dari platform blog. Kolom Target URL ini memungkinkan kamu memasukkan URL generate dari platform blog. Selanjutnya kamu dapat membuat URL blog yang kamu inginkan pada kolom Pretty Link. Tentunya harus sesuai dengan contoh URL blog yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jika sudah, langsung saja klik Update.

Nah, itulah Cara membuat dan contoh URL blog yang dapat meningkatkan peringkat SEO. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

2 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

7 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

1 day ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago