Virus komputer merupakan sebuah program yang merusak dan manganggu kinerja atau sistem pada komputer. Tujuan utama diciptakan virus adalah untuk menginfeksi sitem yang rentan dan mengambil alih kendali admin dan mencuri data pengguna. Ada bebrapa cara virus bekerja dengan metode penyebaran yang berbeda-beda, ada yang melalui lampiran email, mengunjungi situs-situs berbahaya dan tidak aman, menjalankan file yang tidak aman, atau klik iklan yang sudah terinfeksi virus.

Selain itu ada jenis virus yang dapat menyebar dengan cepat hanya melalui media penyimpanan data seperti USB Flashdrive, removable storage dan yang lainnya. Virus yang berhasil menginfeksi sebuah komputer akan merusak dengan cara menginfeksi sistem perangkat lunak, memodifikasi atau menghapus aplikasi utama, dan menyalin atau menghapus data, ada juga yang mengenkripsi data komputer. Bahkan ada bebrapa virus yang dapat membuat anda kehilanga data-data penting secara permanen.

Berikut adalah jenis-jenis  virus paling berbahaya, antara lain:

  1. Virus Trojan

Virus Trojan merupakan virus komputer yang sudah lama menjadi hal menakutkan bagi komputer, terutama bagi anda yang bekerja secara online. Virus ini dapat merusak jaringan dan sistem yang ada pada komputer. Virus ini memiliki kemampuan untuk mencuri data dari komputer dan mengontrolnya. Fungsi utama viru ini adalah untuk memperoleh informasi seperti password, kebiasan user,system log, dan memperoleh hak akses terhadap target. Untuk mengatasi virus Trojan, anda gunakan Trojan Remover.

  1. Worm Virus

Worm Virus memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dan menyebar luas dengan mudah melalui media penyimpanan data atau melalui jaringan komputer dan internet, serta terus menginfeksi data-data di komputer sampai habis. Salah satu yang akan terkena dampak Worm adalah penuhnya bandwidth komputer. Untuk mengatasinya, cukup instal aplikasi antivirus dan melakukan scan secara menyeluruh pada komputer anda.

  1. Virus Memory Resident

Virus Memory Resident adalh virus yang menyerang perangkat keras komputer RAM. Jenis virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi memory pada komputer/laptop. Virus ini ditanam di RAM agar dapat dijalankan, berarti virus ini akan aktif ketika komputer/laptop dinyalakan. Hal ini berdampak pada komputer menjadi sangat lambat saat membuka aplikasi. Untuk mengatasi virus satu ini, anda cukup menginstalkan antivirus pada komputer anda dan melakukan scanning. Lakukan beberapa kali agar virus benar benar terpangkas habis.Sangat direkomendasikan untuk menggunakan AVIRA karena kinerjanya sangat bagus.

  1. Multipartite Virus

Virus ini sangat merusak sampai kedalam sistem dengan banyak cara.  Virus ini juga bekerja menyerang RAM lalu mejalar ke sistem operasi dan akhirnya akan bermuara di harddisk. Hal ini akan sangat mengganggu kinerja komputer anda. Untuk menghindari virus satu ini, lakukan scan dengan anti virus secara rutin dan lakukan disk defragment dengan fitur defragmenter pada komputer anda. Hal ini akan membantu menghambat perkembangan virus.

  1. FAT Virus

File Alocation Table Virus (FAT Virus) merupakan virus yang mampu merusak file-file penting yang ada di komputer. Virus ini juga mampu menghilangkan atau menyembunyikan file-file yang tersimpan. Utuk mengatasi virus ini biasanya diperlukan reinstalling windows supaya komputer anda kembali normal.

  1. Directory Virus

Directory Virus hanya akan menginfeksi data-data dengan ekstension .exe. Pada saat virus ini menyerang secara otomatis software akan menutup atau tidak akan bisa terbuka. Jika komputer anda terserang virus ini sebaiknya tangani dengan cepat karena virus ini sangat cepat pergerakannya. Gunakan antivirus original dan lakukan scanning secara menyeluruh pada komputer Anda.

  1. Macro Virus

Macro Virus merupakan jenis virus komputer yang berbasis file. Virus macro dengan mudah menginfeksi file dengan ekstension .doc, .xls, .pps, dan jenis ekstension macro lainnya. Virus ini menular melalui email yang diterima. Untuk menghindari komputer anda terinfeksi virus ini, usahakan anda jangan membuka email yang tidak berasal dari sumber yang terpercaya.