HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan terbatas. Biasanya jaringan LAN ini dapat dengan mudah kita temukan di beberapa komplek perkantoran, sekolah, apartemen, cafe, dan lain sebagainya.

LAN sendiri merupakan bagian dari jaringan Internet yang juga mencakup MAN dan WAN. Sebagai informasi tambahan MAN (Metropolitan Area Network) merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang jaraknya lebih jauh dan lebih canggih dibandingkan LAN. WAN (Wide Area Network), adalah jaringan komputer yang terbatas dalam batas negara tetapi tersebar di wilayah geografis yang luas. Berdasarkan uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa LAN merupakan jaringan Internet yang jangkauannya relatif pendek dan tidak sebesar MAN atau WAN.

Melalui artikel ini akan dijelaskan secara detail pengertian, komponen, fungsi, pengoperasian, kelebihan dan kekurangan LAN yang perlu Anda ketahui. Simak informasi pada artikel dibawah ini.

Apa itu Jaringan LAN?

LAN adalah singkatan dari Local Area Network dan mengacu pada jaringan komputer yang hanya mencakup area lokal. Artinya jaringan ini hanya tersedia untuk pengguna dalam area LAN. Karena LAN menghubungkan perangkat ke jaringan Internet melalui perangkat jaringan sederhana.

Contoh lokasi yang menyertakan jaringan LAN antara lain jaringan komputer di kantor, sekolah, kafe, dan rumah pribadi. Maka dari itu, coverage area LAN ini hanya mencakup antar ruangan dan antar gedung. Oleh karena itu, biaya pemeliharaan dan pemasangan jaringan LAN lebih rendah dibandingkan jenis jaringan lain seperti MAN dan WAN.

LAN dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan kabel dan jaringan nirkabel. Apa perbedaan antara keduanya?
Berikut ini beberapa informasi singkatnya:

  • Berbasis kabel (wired) merupakan jaringan LAN yang paling umum digunakan. Biasanya, jaringan ini ada di hampir setiap komputer atau perangkat dan terhubung satu sama lain melalui switch hub.
  • Jaringan nirkabel (wireless) adalah jaringan LAN yang terhubung secara wireless atau tanpa kabel. Dalam pengoperasiannya, LAN menggunakan jaringan radio untuk berkomunikasi.

Komponen Jaringan LAN

Jaringan LAN terdiri dari beberapa komponen dasar. Komponen-komponen ini digunakan untuk terhubung ke jaringan komputer. Lalu apa saja komponen dasar jaringan LAN? Di bawah ini Anda akan menemukan informasi lengkapnya:

1. Workstation

Workstation adalah perangkat komputer berkinerja tinggi yang digunakan untuk keperluan tugas berat seperti perhitungan ilmiah dan pekerjaan teknik. Kehadiran workstation diperlukan untuk mempermudah dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

2. Server

Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan layanan khusus berupa penyimpanan data. Oleh karena itu, server memegang peranan penting dalam menyediakan layanan akses yang lebih cepat untuk pengiriman dan penerimaan data dan informasi yang tersedia di server.

3. Link

Link adalah bagian dari jaringan LAN yang digunakan untuk menghubungkan perangkat secara fisik seperti workstation dan server.

4. Network Interface Card

NIC adalah perangkat keras jaringan yang secara fisik terlihat seperti kartu ekspansi dan memungkinkan komputer mana pun terhubung ke jaringan melalui kabel jaringan.

5. Network Software

Network software pada komponen jaringan LAN digunakan agar jaringan LAN dapat berfungsi dengan baik. Network softwarae ini juga dapat diartikan sebagai perangkat lunak.

Fungsi LAN

Secara umum fungsi LAN adalah untuk menghubungkan beberapa komputer atau perangkat dalam suatu jaringan.
Tujuannya agar proses pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Namun masih banyak jenis fitur LAN lain yang kurang dikenal. Ingin tahu tentang fitur-fitur LAN? Berikut informasinya:

1. Memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya

Fungsi jaringan LAN yang pertama adalah untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya. Bila menggunakan jaringan LAN, data dapat dengan mudah ditransfer menggunakan metode sharing di komputer.

2. Mengirim pesan menggunakan adanya LAN chatting

Jaringan LAN juga memungkinkan Anda mengirim pesan menggunakan LAN chat. Aktivitas ini dapat dilakukan meski tanpa koneksi internet dan saat jaringan LAN muncul online. Saat obrolan LAN berjalan, pengguna dapat menggunakan aplikasi standar Windows seperti winchat.exe atau perangkat lunak obrolan LAN lainnya.

3. Remote komputer

Jaringan LAN memiliki remote komputer yang dapat digunakan tanpa tersambung ke Internet. Nantinya, Anda akan bisa menggunakan Remote Desktop Manager atau Connection yang disediakan oleh sistem operasi Microsoft.

4. Adanya sharing printer

Bukan hanya dapat dengan mudah berbagi data dan memindahkan file, tetapi juga dapat berbagi printer menggunakan jaringan LAN Anda. Dengan mendistribusikan printer ke seluruh pengguna, Anda dapat berbagi printer tanpa harus berpindah-pindah komputer atau printer. Fasilitas LAN ini biasanya dipasang di beberapa lokasi, seperti warnet dan toko rental komputer.

5. Menghubungkan dua komputer atau lebih

Jaringan LAN memungkinkan dua komputer atau lebih saling terhubung baik secara langsung maupun melalui media perantara. Anda dapat menghubungkan beberapa komputer secara langsung menggunakan kabel UTP yang terhubung ke kedua komputer.

Cara Kerja Jaringan LAN

Faktanya, jaringan LAN berfungsi seperti jaringan Internet lainnya. Namun, dalam jaringan LAN menghubungkan komputer satu sama lain dan menyediakan akses bersama ke hal-hal seperti printer dan file. Terkait arsitektur jaringan itu sendiri, LAN termasuk dalam kategori peer-to-peer atau client/server. Karena masuk dalam arsitektur client/server, sehingga beberapa perangkat klien terhubung ke server pusat. Hal ini memungkinkan perangkat tersebut mengakses aplikasi dan menyimpan file tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

LAN mempunyai fungsi yang beragam, namun ada pula kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda waspadai. Untuk lebih mudahnya, berikut kelebihan dan kekurangan LAN yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan LAN

  • Jaringan LAN memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berbagi resource dengan komputer lain. Manfaat dari ini memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.
  • LAN tidak memerlukan operator untuk mengkonfigurasi jaringan.
  • Jaringan LAN tidak memerlukan biaya yang besar karena hanya mencakup area kecil dan tidak memerlukan peralatan mahal seperti fiber optik atau satelit.
  • Data jaringan LAN lebih terpusat. Keunggulan ini memudahkan pengguna mengakses file dari komputer lain. Selain itu, LAN juga membantu melindungi data pengguna jika terjadi kesalahan.

Kekurangan LAN

  • Keamanan jaringan LAN sangat lemah. Hal ini karena sebagian besar pengguna tidak dapat menjaga kerahasiaan kata sandinya, sehingga pihak yang tidak berwenang dapat dengan mudah memasuki jaringan melalui pengguna tersebut.
  • Seperti yang diketahui, koneksi jaringan LAN mempunyai jangkauan yang sangat terbatas dan hanya mencakup area lokal saja.
  • Beberapa masalah server pusat mungkin mempengaruhi seluruh jaringan komputer Anda dan bahkan mungkin menghalangi komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain.
  • Memasang jaringan LAN bisa lebih mahal tergantung pada persyaratan dan kondisi situs.

Membedakan LAN, MAN, dan WAN

Sekilas LAN, MAN, dan WAN mempunyai arti yang hampir sama. Sebenarnya ketiganya memiliki perbedaan yang signifikan, mulai dari kelebihan dan kekurangan hingga fungsionalitas. Untuk membedakan ketiganya, Anda perlu mengetahui perbedaan LAN, MAN, dan WAN.

  • LAN cocok untuk menghubungkan beberapa ruangan.
  • MAN cocok untuk konektivitas antar kota.
  • WAN cocok untuk konektivitas jaringan yang lebih luas.

Penutup

LAN merupakan Local Area Network, jaringan yang dirancang untuk area yang relatif kecil dan terbatas. Artinya jaringan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang berada dalam area LAN seperti kantor, sekolah, kafe, dan rumah pribadi. Sedangkan fungsi dari jaringan LAN yaitu membantu Anda memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain dan mengirim pesan melalui LAN chat. Namun LAN mempunyai kekurangan, seperti keamanan jaringan LAN yang sangat lemah.

Mudah bukan ? Apakah sudah paham tentang pengertian jaringan LAN dan fungsinya ? Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

17 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

6 days ago