HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mobile Computing : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Komputasi mobile secara sederhana mencakup jenis komputasi portabel (untuk portabilitas) dan komputasi mobilitas. Ini merupakan teknologi yang menyediakan lingkungan yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa menggunakan kabel atau tautan fisik.

Komputasi tipe ini memungkinkan transformasi data, video, dan suara melalui perangkat atau komputer berkemampuan nirkabel atau yang dikenal dengan istilah wireless apa pun. Terlebih, di mana secara umum, kata computing atau komputasi di sini dipandang sebagai teknologi yang digunakan di ponsel seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya, serta jenis perangkat lain yang mendukung mobilitas.

Pengertian Mobile Computing

Komputasi mobile (dalam bahasa Indonesia), pengertian dari mobile computing sebenarnya adalah mengacu pada teknologi yang memungkinkan transmisi data, suara dan video melalui komputer atau perangkat berkemampuan nirkabel lainnya.

Secara istilah, kata mobile computing ini juga diartikan pada teknologi perangkat seluler yang mendukung pergerakan atau mobilitas.

Mengutip dari sumber simpulan yang berasal dari definisi oleh Situs Techtarget, kata mobile di sini mengacu pada akses bergerak, di mana pengguna tidak dibatasi pada lokasi geografis tertentu.

Selain itu, moblie juga berarti dan dapat merujuk pada akses di lokasi tetap melalui peralatan yang dapat dipindahkan oleh pengguna sesuai kebutuhan, tetapi tidak bergerak saat beroperasi, di mana operasi ini sering disebut komputasi nomaden (nomaden computing).

Pengertian lainnya tentunya akan berbeda, jika mereka berada dalam konteks perangkat seluler (mobile device), yaitu adalah bidang teknis yang mencakup desain, pengembangan, dan evaluasi aplikasi seluler menggunakan solusi tepat yang memenuhi kebutuhan pengguna dan termasuk mempelajari teknologi yang digunakan untuk melakukan berbagai macam tugas pada perangkat yang portabel (smartphone, tablet, laptop, wearable device, kendaraan, serta lainnya.

Apa itu Mobile Computing System?

Seperti namanya, sistem komputasi seluler adalah sistem terdistribusi, yang terhubung melalui jaringan nirkabel untuk komunikasi. Di sini, klien atau node memiliki mobilitas dan kemampuan untuk menyediakan komputasi kapan saja, di mana saja.

Di bawah ini adalah beberapa contoh di mana sistem komputasi seluler diimplementasikan atau digunakan :

  • Sistem pengiriman online yang terkait dengan verifikasi kartu kredit.
  • Layanan taksi yang dioperasikan melalui smartphone dan aplikasi seluler.
  • Layanan seluler sadar lokasi yang digunakan untuk mengirimkan cuaca dan kondisi jalan.
  • Aplikasi media sosial dan akses e-mail melalui smartphone (ponsel cerdas).
  • Sistem mobile computing untuk perangkat wearable pintar yang digunakan untuk mengukur dan merekam kondisi medis.

Seringkali, istilah mobile computing dipahami sebagai teknologi yang digunakan dengan smartphone. Namun, perlu diketahui bahwa teknologi ponsel cerdas adalah bagian dari komputasi seluler, tetapi topik ini sedikit lebih luas dari itu.

Karakteristik dari Mobile Computing

Berikut beberapa macam ciri-ciri, karakteristik, atau tanda terkait mobile computing yang perlu diketahui untuk memahami pengertian mobile computing adalah sebagai berikut :

  • Portabilitas

Ini merupakan kemampuan untuk dengan mudah mengganti komputer di dalam lingkungan belajar atau antar lingkungan.

  • Interaktivitas sosial

Kesempatan bagi pengguna untuk bertukar data dan berkolaborasi satu sama lain.

  • Sensitivitas konteks

Kemampuan untuk mengumpulkan dan menanggapi data yang spesifik untuk tempat, iklim, atau waktu tertentu.

  • Konektivitas

Kapasitas untuk dihubungkan dari jarak jauh di lokasi mana pun untuk tujuan komunikasi data.

  • Individu

Kesempatan untuk menggunakan teknologi untuk menyediakan perancah dan kustomisasi pelajaran bagi pelajar individu pada tugas-tugas yang menantang.

  • Ukuran kecil

Karena dimensinya yang seperti ponsel, perangkat seluler juga dikenal sebagai handheld, palmtop, dan smartphone. Perangkat seluler standar akan muat di tangan atau saku orang dewasa rata-rata.

  • Konektivitas nirkabel

Perangkat seluler biasanya dapat berkomunikasi dengan perangkat seluler lain, serta komputer dan sistem stasioner, jaringan, dan telepon seluler.

Tujuan Mobile Computing

Untuk lebih mudah memahami lebih dalam terkait apa itu arti dari mobile computing, selain membahas artinya juga perlu mengetahui seperti apa tujuan dan fungsi spesifiknya.

Terkait tujuan utamanya sendiri, teknologi mobile computing ini merupakan jenis macam tipe teknologi yang memungkinkan untuk mengirimkan data, audio, dan video melalui perangkat yang tidak terhubung dengan tautan fisik apa pun.

Sedangkan berkenaan dengan fungsi utama mereka, adapun fitur utama dari komputasi mobile adalah bahwa perangkat komputasi portabel dan terhubung melalui jaringan.

Dengan menguasai spesialisasi mobile computing ini, maka seringkali dapat mengembangkan aplikasi seluler yang menerapkan konsep algoritma dan pemrograman yang lintas platform di luar Android dan iOS.

Selain itu, kemampuan ini akan juga akan membantu untuk mengejar hasrat pribadi dalam mengembangkan aplikasi seluler atau untuk memperluas prospek pekerjaan mereka sebagai mobile apps developer, Android develover, pimpinan atau arsitek teknis seluler, konsultan solusi seluler, hybrid mobile app developer, mobile software architect, dan banyak lagi.

Jenis Mobile Computing

Terkait konsep utamanya sendiri, adapun beberapa jenis elemen utama mobile computing adalah komunikasi seluler, perangkat keras seluler, dan perangkat lunak seluler yang akan diuraikan di bawah.

1. Mobile Communication (Komunikasi Seluler)

Jenis konsep mobile computing yang pertama yaitu adalah komunikasi seluler atau yang dikenal dengan mobile communication. Tipe ini mengacu pada infrastruktur komunikasi yang ditetapkan, termasuk infrastruktur jaringan nirkabel, protokol, format data, bandwidth dan portal yang diperlukan untuk memastikan konektivitas dan komunikasi tanpa batas.

2. Mobile Hardware (Perangkat Keras Seluler)

Jenis selanjutnya yang merupakan bagian dari konsep mobile computing secara keseluruhan yaitu perangkat keras seluler atau mobile hardware. Perangkat keras dalam konteks komputasi seluler adalah perangkat komputasi seluler dan perangkat pendukung, dengan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan operasi yang diperlukan dan terhubung ke jaringan.

3. Mobile Software (Perangkat Lunak Seluler)

Jenis tipe terakhir yang akan dijelaskan dalam subbagian ini yaitu perangkat lunak seluler atau mobile software. Komponen perangkat lunak yang paling penting adalah sistem operasi, yang merupakan otak dari setiap sistem komputasi.

Untuk laptop, ini mungkin seperti sistem operasi Windows, Linux atau MacOS, dan untuk smartphone, mungkin Android atau iOS. Pada dasarnya berbagai aplikasi yang berjalan pada perangkat juga merupakan bagian dari perangkat lunak seluler.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Computing

Seperti yang dapat dilihat, teknologi mobile computing memang sangat hebat, di mana salah satu manfaat utamanya yaitu terkait mobilitas. Namun, perlu dipahami juga bahwa mobile computing juga memiliki beberapa keunggulan dan ketidakgunaan yang menjadi tantangannya.

Oleh karena itulah di sini akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobile computing sebagai berikut :

1. Kelebihan Mobile Computing

Berikut ini adalah beberapa hal-hal terkait yang menjadi kelebihan dari mobile computing :

  • Komunikasi yang mulus dan andal.
  • Peningkatan produktivitas, di mana perangkat seluler dapat digunakan di lapangan oleh berbagai bisnis, menghemat waktu dan uang untuk klien, pegawai, dan karyawan.
  • Untuk hiburan, di mana perangkat seluler dapat digunakan untuk hiburan, penggunaan pribadi, dan bahkan presentasi kepada klien dan kolega.
  • Tidak terbatas pada satu lokasi untuk menyelesaikan tugas atau mengakses email saat bepergian.
  • Teknologi cloud dalam perangkat seluler sudah memungkinkan untuk menyimpan data di server online dan mengaksesnya dari komputer mana pun dengan koneksi internet, di mana dapat mengakses file-file ini di beberapa perangkat seluler.

2. Kekurangan Mobile Computing

Berikut ini adalah beberapa hal-hal terkait yang menjadi kekurangan atau tantangan dalam mobile computing :

  • Kendala dalam konsumsi baterai.
  • Bandwidth transmisi yang seringkali tidak efisien.
  • Di seluruh jaringan, biasanya bisa kehilangan tautan.
  • Fluktuasi stabilitas jaringan.
  • Ukuran screen atau layar yang masih kecil.
  • Masalah interoperabilitas.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago