Apakah kalian pernah mendengar kedua kata tersebut? Jika iya mungkin Anda adah seorang yang pernah atau sedang berkecimpung didunia bisnis internet. Namun, tahukan Anda yang dimaksud dengan SEO dan PPC?

Karena pasti masih ada orang yang tidak mengerti tentang SEO dan PPC. Sebenarnya SEO dan PPC adalah salah satu istilah yang digunakan di dunia internet marketing.

Google AdWords adalah sebuah sistem periklannan online yang dioperasikan oleh mesin pencari terkenal Google yang memasang sistem PPC.

SEM atau Search Engine Marketing adalah teknik marketing yang dirancang guna meningkatkan visibilitas website Google dan mesin pencari lain seperti Yahoo!, Bing, Baidu dll. SEM terdiri dari SEO dan PPC Advertising (Google Adwords, Yahoo Advertising, Bing Ads). Teknik SEM untuk menawarkan layanan dan produk situs melakui upaya berbayar atau melalui usaha organik (tak berbayar).

Pengertian SEO dan PPC

SEO atau Search Engine Optimizatioan

SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web, baik dengan optimasi internet maupun eksternal agar situs web berada di urutan pertama atau dihalaman utama search engine.

Tujuan SEO adalah mendapatkan posisi website yang baik seacara organik ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan website klien. Jika web Anda yang sedang dicari orang dengan menggunakan kata kunci dan berada di halaman utama maka akan memiliki kemungkinan bedas pengunjung akan tertarik dengan jasa/ bisnis/ blog/ apapun yang disediakan oleh website tersebut.

PPC atau Pay Per Click (Google AdWords)

PPC adalah bentuk periklanan berbayar yang perhitungan biaya iklan berdasarkan jumlah klik. Melihat iklan berbayar ini sangat mudah di hasil pencarian, karena biasanya warna latar belakang berbeda dan muncul di atas hasil pencarian organik dan disebelah kanan atau kiri hasil pencarian.

PPC ini biasanya dibeli label “Ads” atau “Iklan”. Iklan tersebut juga dapat  muncul di Youtube dan website sejenis yang telah tergabung dalam jaringan Google.

PPC tidak membutuhkan biaya untuk ditampilkan, karena hanya dibayar jika ada yang mengklik iklan yang ditampilkan dan PPC tidak perku dibayar dari jumlah tayang.

 

 

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan kekurangan SEO

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai hal ini. Silahkan kunjungi link ini https://hosteko.com/blog/keunggulan-dan-kekurangan-seo.

Kelebihan SEO yang utama adalah klien tidak perlu membayar sepeserpun untuk mendapatkan  kunjungan (diluar biaya konsultasi).

 

Kelebihan dan Kekurangan PPC

Kelebihan PPC

Kelebihan utamanya adalah muncul dalam hitungan jam dibandingkan dengan hasil pencarian organik yang memakan waktu beberapa bulan untuk muncul dihalaman utama Google.

  1. Trafik cepat

Jika Anda sebagai affiliate memasang iklan di PPC adalah cara yang cepat untuk menaikkan trafik karena pada saat tersebut akan banyak yang mengunjungi website Anda.

  1. Hasil terukur

Anda dapat mengukur dari laporan yang tersedia.

  1. Anggaran iklan mudah diatur

Iklan dapat dipasang dengan diatur sesuai dengan budget yang tersedia. Lebih baik jika menggunakan anggaran yang paling minimal karena untuk menguji apakan pemasangan iklan sudah efektif atau belum.

  1. Hasil cepat

Jika Anda sudah ahli menggunakan PPC maka dapat menghasilkan uang dengan cepat.

  1. Mudah dikontrol

Advertising dengan PPC mudah dikontrol.

  1. Pengeluaran terkontrol

Dana iklan yang dibelanjakan dapat dikontrol.

Kekurangan PPC

  1. Perlu percobaan

Dalam percobaan untuk satu jenis produk, Anda dapat membuat berbagai variasi pemasangan iklan.

  1. Perlu biaya

Iklan menggunakan PPC memang mudah namun tetap memerlukan biaya diawal pemasangan, karena Anda harus melakukan uji coba pemasangan iklan untuk mendapatkan cara paling efektif pemasangan iklan.

  1. Kompetisi selalu ada

Pemasangan iklan ini pasti banyak kompetitornya karena iklan bertujuan untuk menarik perhatian. Jadi jika Anda ingin membuat iklan harus tahu bagaimana cara membuat iklan yang efektif.

Komponen Utama SEO

  1. On-Page Optimization

On-Page SEO atau On-Site SEO adalah semua pengaturan di aplikasikan langsung pada situs Anda agar lebih ramah di mesin pencari. Seperti penggunaan kata kunci ke dalam Tag dan Meta description, format URL yang baik, penggunaan yang tepat dari heading, optimasi gambar, keceparan loading situs dan sebagainya.

 

  1. Off-Page Optimization

Off-Page Optimization lebih kearah aktifitas promosi yang terjadi di luar website Anda dengan tujuan untuk meningkatkan reputasi situs Anda di mesin pencari.

 

Mana yang lebih baik?

Semuanya baik, bergantung dengan kebutuhan Anda.

  1. Budget?

PPC sangat efektif namun memerlukan biaya yang besar jika memang budget Anda besar. PPC memastikan bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh pengunjung yang sesuai dan langsung mendapatkan tanggapan secara langsung.

Jika budget sedikit namun ingin menggunakan PPC maka Anda harus memilih kata kunci yang spesifik dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

SEO tidak memberikan beban biaya yang besar atau malah gratis, dengan strategi SEO yang baik maka Anda bida mengalami besar dalam aspek digital marketing dan advertising.

  1. Menginginkan iklan tampil dimana?

Jika PPC adalah iklan billboard raksasa yan dapat dengan mudah menarik perhatian Anda. Iklan di PPC akan muncul selama Anda melakukan pembayaran. Jika tidak maka iklan akan menghilang.

Menggunkan SEO iklan mirip dengan surat kabar. Iklan tersebut tidak perlu mahal, bahkan ada yang gratis dan tidak mencolok tetapi tetap terlihat.

Diatas adalah artikel mengenai perbedaan antara SEO dengan PPC. Bagi Anda sebagai pengguna internet marketing pasti menginginkan di halam utama mesin pencari dengan mengguakan kata kunci yang relevan dan frase untuk bisnis.

Jadi jika Anda binugng ingin memilih yang mana, lebih baik disesuaikan dnean kebutuhan untuk bisnis Anda saja.

Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan untuk Anda dan dapat dicoba untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀