HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Strategi dan Infrastruktur Penunjang Unicron yang ada di Indonesia

Infrastruktur penunjang unicron-unicron yang ada di Indonesia menjadi fokus pemerintah. Sebab kesuksesan pertumbuhan unicron-unicron akan mempengaruhi banyak hal termasuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian nasional.

Pada tahun 2016 silam, Presiden Joko Widodo mencanangkan visi untuk Indonesia menjadi “The Digital Energy of Asia”. Setelah mencanangkan visi tersebut, pemerintah membuat strategi untuk membangun startup di Indonesia. Strategi-strategi dan infrastruktur penunjang unicorn-unicorn tersebut, yaitu:

Strategi Pemerintah dalam Membangun Startup

1) Ignition

Di tahap awal ini, pemerintah memberikan seminar yang bertemakan “Entrepreneurship”. Pemerintah menargetkan 4000 peserta di setiap tahunnya. Dan 50% peserta terbaik akan dipilih untuk mengikuti tahap selanjutnya.

2) Workshop

Peserta yang terpilih akan mendapatkan pembekalan mengenai cara membangun startup. Materi yang diberikan, seperti Market Validation, Design Thinking, dan Busines Model. Di tahap ini, pemerintah akan memilih kembali 50% peserta terbaik untuk mengikuti tahap selanjutnya.

3) Hackathon

Peserta yang terpilih diharapkan dapat membuat prototipe dari ide startup yang mereka ajukan. Di tahap ini, pemerintah akan mengambil 500 peserta terbaik untuk mengikuti tahap Bootcamp.

4) Bootcamp

Tahap ini merupakan sesi mentoring yang lebih mendalam. Hal ini bertujuan supaya calon startup bisa menjalankan bisnisnya dengan baik dan konsisten. Namun, pemerintah akan menyaring lagi 200 peserta terbaik untuk mengikuti tahap terakhir.

5) Inkubasi

Peserta yang berhasil lolos sampai tahap ini akan mendapatkan pelatihan supaya startup yang mereka bangun mendapatkan valuasi sesuai dengan apa yang diharapkan.

Infrastruktur Penunjang Unicorn yang Ideal

Jumlah startup di Indonesia sudah melebihi target yang ditentukan oleh pemerintah. Namun, pertumbuhan yang melonjak ini belum diimbangi dengan sumber daya yang menunjang. Saat ini Indonesia tidak lagi dalam tahap membangun startup, namun berada dalam tahap mengembangkan bisnis rintisan yang ada menjadi unicron.

Dasar untuk memperkuat dan mengembangkan perusahaan rintisan adalah sumber daya manusia. Oleh karena itu, pemerintah membuat prioritas untuk mendahulukan investasi di bidang SDM. Pemerintah melakukan kerjasama dengan beberapa rektor universitas untuk menjadikan universitasnya menjadi pusat pengembangan SDM.

Untuk membangun infrastruktur penunjang unicron di Indonesia, pemerintah membuat proyek Palapa Ring, yaitu sebuah proyek tentang pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan internet untuk seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya infrastruktur penunjang unicron ini diharapkan akan membuka lebih banyak lagi kesempatan untuk setiap orang membuka bisnis.

Manfaat Inkubator Bisnis Bagi Startup

Inkubator merupakan strategi terakhir yang dibuat pemerintah untuk membangun startup. Adanya inkubator bisa membantu startup untuk bertahan sebab memiliki aspek-aspek, seperti infrastruktur, pendanaan, business support dan networking yang mendukung.

Berikut penjelasan mengenai manfaat inkubator bagi startup:

  • Akses mudah ke Komunitas dan Business Network

Inkubator adalah forum bertemunya para entrepreneurship. Pada kesempatan ini, mereka akan aktif berdiskusi mengenai permasalahan yang umum terjadi pada perusahaan rintisan dan sekaligus memperluas networking. Selain itu, inkubator juga mengadakan acara dengan mendatangkan para pemain penting di komunitas startup.

  • Ilmu dari Mentor yang Berpengalaman

Selain fokus dengan produk yang akan dikembangkan, pelaku usaha startup juga harus paham tentang beberapa konsep dasar, seperti sales, business development, finance, atau operation. Dalam inkubator, para mentor yang memang bersedia untuk berbagi ilmu tidak jarang mengadakan workshop dengan topik yang paling dibutuhkan oleh startup.

  • Tempat Untuk Mematangkan Ide

Seorang entrepreneur pasti memiliki ide untuk menjalankan bisnisya, namun tidak semua bisa terealisai. Oleh karena itu, dalam inkubator ini para pelaku usaha bisa mendiskusikan idenya dengan orang yang sudah berpengalaman untuk memastikan ide mereka bisa dijalankan dan tetap masuk akal.

Selain itu, pelaku usaha juga harus tahu tentang konsumen mereka. Hal ini supaya kebutuhan konsumen bisa terpenuhi dengan produk yang ditawarkan. Dan inkubator menjadi tempat yang tepat untuk mencari dan mengumpulkan informasi terkait hal tersebut.

  • Bantuan Berupa Infrastruktur

Tersedianya kebutuhan kantor akan membantu pelaku usaha untuk fokus pada pertumbuhan produknya sehingga mereka tidak terganggu dengan urusan yang bersifat administratif, seperti harga sewa kantor bisa sangat mahal untuk startup. Adanya inkubator yang menyediakan co-working space sangat membantu startup sebab co-working space bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan secara gratis atau dengan biaya yang murah. Co-working space di desain layaknya ruang kantor, lengkap dengan internet, ruang rapat dan pantry.

  • Akses ke Investor

Adanya inkubator menjadi tempat berkumpulnya para invetor mencari startup potensial untuk diberikan pendanaan. Inkubator memperkenalkan startup-nya dengan demo day untuk memberikan simulasi kepada para investor. Sehingga para investor juga akan lebih percaya dengan startup yang tergabung dalam inkubator karena mereka memiliki mentor yang lebih profesional.

Itulah penjelasan singkat mengenai strategi-strategi dan infrastruktur penunjang unicorn-unicorn yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

20 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago