Apakah Anda pernah mendapatkan pesan error Parse error : Syntax error, unexpected? Lalu apa yang akan Anda lakukan jika terjadi hal tersebut? Biasanya sebagian besar akan merasa kebingungan, karena Anda merasa telah mengikuti semua tahap dengan benar. Namun, pesan error tersebut masih muncul, pesan ini juga kadang tidak dapat Anda lihat karena terdapat fitur laporan error WordPress dinonaktifkan atau dimaktikan. Jadi lebih baik Anda mengaktifkan debug error WordPress.

Pesan error ini sebenarnya adalah sebuah pesan kesalahan yang umum dan sering dijumpai di WordPress. Kesalaan ini akan menyebabkan tampilan WordPress berubah dan hanya menampilkan error code.

Pengertian Syntax Error

Syntax error adalah sebuah aturan yang digunakan untuk menulis kalimat agar mampu dimengerti oleh bahasa pemrograman. Jika tidak dihubungkan dengan pemrograman syntax adalah seperangkat aturan, prinsip, dan proses yang mengatur struktur kalimat dakam bahasa tertentu, biasanya termasuk urutan kata.

Dalam pembuatannya, seluruh aturan syntax harus terpenuhi, karena ketika proses kompilasi setiap baris script akan dilakukan pengecekan.  Jika terdapat syntax yang salah maka compiler akan melaporkan terjadinya error message dan tidak akan meneruskan pembuatan bytcode nya.

Syntax berfungsi menyediakan bentuk-bentuk notasi sebagai alat komunikasi antara programmer dengan bahasa pemrograman untuk mempermudah pembuatan suatu program.

Cara Mengatasi Syntax Error

Sebelum itu ada hal yang perlu dipersiapkan yaitu akses ke akun hosting.

Cara mengatasi syntax error dapat dilakukan dengan dua tahap:

  1. Menemukan baris kode yang menyebabkan error
  2. Memodifikasi code dengan menghubungkan ke server

 

Tahap 1

Menemukan Baris Kode yang Menyebabkan Error

  • Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mencari sumber permasalahan utama, yaitu menemukan file penyebab error atau secara spesifik, terletak pada baris kode sebelah mana.
  • Jika hal diatas bukan penyebab error maka yang harus Anda lakukan adalah melihat pesan yang tampil saat Anda mengakses website.

Pesan biasanya dimulai dengan Parse error: Syntax error dan diikuti dengan informasi spesifik mengenai error yang ada.

  • Pesan akan menampilkan informasi lengkap direktori dari file beserta baris kode penyebab error. File terssebut yang harus Anda perbaiki.

  • File tersebut terlihat dengan jelas dengan tulisan file php pada baris 43. Informasi ini jelas menunjukkan penyebab permaslahan utama sebelum Anda memulai memperbaiki syntax error pada wordpres.

 

Tahap 2

Memodifikasi Code dengan Menghubungkan ke Server

  • Masuk ke dasbor WordPress
  • Pilih menu Appearance >> Editor, atau menggunakan FileZilla untuk mengedit filenya.
  • Jika sudah terhubung ke akun hosting melalui FileZilla, silahkan akses file menjadi penyebab error.

Sesuai dengan pesan yang ada didirektori home/u694443746/public_html/wp2/wp-content/themes/twentyseventeen/single.php.

  • Cara menemukan dengan klik kanan dan piih View/Edit. Dan file akan terbuka melalui text editor default di komputer Anda.

  • Anda dapat menghapus kode penyebab error atau memodifikasi agar website dapat berjalan kembali.
  • Cara modifikasi dengan bekerja sesuai dengan penyebab error dan dapat berbeda dari satu kasus ke kasus lain, sehingga harus di cek lebih lanjut.
  • Contoh error pada baris 43

  • Kode pada gamabar diatas memanggil function Pada bagian tersebut terdapat bagian yang kurang lengkap yaitu tidak ada tAnda baca titik koma (semicolon) di bagian akhir baris.
  • Karena penyebab error sudah ditemukan maka Anda hanya perlu menambahkan semicolon pada akhir baris kode dan mengunggahnya ke server kembali.

 

Jika Anda adalah pemain baru mengenai dunai PHP, Anda dapat menggunakan PHP code Checker untuk mengecek kode dan melihat kesalahan yang paling serin menyrbabkan error pada PHP.

 

Diatas adalah artikel mengenai Syntax error pada WordPress yang sering Anda jumpai. Jadi jika nanti Anda menemui pesan tersebut kembali, Anda tidak perlu khawatir atau panik karena sudah dijelaskan tahapan yang harus Anda lalukan untuk mengecek syntax dan cara memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan Anda mengenai kesalahan yang umum terjadi pada WordPress seperti Syntax error ini dan dapat memperluas perpustakaan Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀

Rate this post