Dalam sebuah desain karakter tokoh animasi, karakter menjadi sesuatu yang sangat penting karena karakter yang sangat kuat yang akan selalu diingat oleh pembaca bahkan sampai menjadi sebuah ikon. Karakter desain terdengar sebagai proses yang rumit, namun sebenarnya hal itu bisa menjadi mudah dan menyenangkan. Ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu anda membuat desain karakter yang unik dan memberikan kesan yang berbeda.

Tips dasar membuat desain karakter yang bisa anda coba, antara lain:

1. Tentukan tema

Terlebih dahulu anda tentukan tema apa yang akan anda ambil. Kira-kira apa yang ingin orang lain lihat, yang dirasakan, dan dipahami saat mereka melihat karakter yang anda buat. Lalu anda sederhanakan tema tersebut, setelah itu susunlah tema anda menjadi satu kalimat deskriptif.

2. Buatlah latar belakang ceritanya

Ciptakan cerita bagaimana kehidupan karakter anda. Dimana tempat tinggalnya, bagaimana cara mereka menjalankan kehidupannya dan informasi pendukung yang lainnya. Informasi pendukung bisa didapatkan dari hasil penelitian dan survei ke berbagai tempat, budaya, dan profesi agar kehidupan dari karakter yang anda buat benar-benar hidup sehingga anda dengan mudah untuk membuat desain karaktermu sendiri melalui latar belakang cerita tersebut.

3. Berikan nama dan kepribadian pada karakter

Beri nama yang kreatif dan disesuaikan dengan latar belakang ceritanya. Pembentukan kepribadian karakter memberikan pengaruh yang besar pada karakter yang akan dibuat. Pastikan anda memahami karakter anda. Jika anda paham dengan karakter anda, maka akan lebih mudah untuk merealisasikannya dalam bentuk desain yang hebat.

4. Menentukan jenis karakter

Anda perlu menentukan jenis karakter yang akan anda buat, apakah menjadi manusia, hewan, atau yang lainnya. Sebenarnya menentukan jenis karakter menjadi hal yang paling menyenangkan. Anda dapat berimajinasi dengan jenins karakter seperti apa yang anda inginkan.

5. Menentukan bentuk fisik karakter

Tentukan bentuk fisik dari karakter, apakah ingin tinggi, pendek, kurus, atau gemuk, bersar atau kecil. Eksplorasi bentuk tubuk dan rupa dari karakter anda sendiri. Tipsnya, gambarlah kepala yang terpisah dari tubuh karakter, cocokan tiga jenis badan yang berbeda dan gariskan dengan kepalanya.

6. Menentukan warna

Pilihlah warna yang sesuai karena dapat mempengaruhi mood orang saat melihatnya. Penggunaan warna cerah menggambarkan kesenangan dan semangat, warna gelap menggambarkan misteri. Untuk warna merah menggambarkan keberanian, passion, dan kemarahan. Warna hijau menggambarkan sesuatu yang berhubungan dengan alam dan uang. Anda juga dapat bereksperimen dengan warna. Berikan warna yang anti-mainstream pada karakter anda.

7. Ciptakan pose yang dinamis pada karakter

Buatlah pose yang dinamis untuk membuat karakter lebih hidup lagi. Selain pose depan dan belakang, cobalah ciptakan pose dengan berbagai gerakan. Hal ini berhubungan dengan latar belakang cerita yang sebelumnya telah anda buat. Sebagai contoh foto orang sedang relaksasi sambil duduk dengan kaki disilangkan. Hal itu dapat anda terapkan untuk karakter anda sekalipun ia binatang.

8. Ciptakan style, baju, dan aksesoris pendukung

Baju dan aksesoris yang dikenakan pada karakter harus sesuai dengan kepribadian yang anda buat sebelumnya.

9. Buatlah ekspresi pada karakter

Ekspresi adalah alat komunikasi utama dalam desain karakter. Perhatikan bagaimana alis, mata, mulut saat mengekspresikan kemarahan, kesenangan, tertawa, dan lainnya.

10. Buatlah beberapa versi dari karakter

Lakukan eksperimen terhadap desain karakter anda. Buatlah beberapa versi, seperti penampilan outfit yang berbeda. Padukan style dengan warna yang sesuai dan aplikasikan dengan cerita.