HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tracert :Pengertian,Cara Kerja Dan Fungsinya

Di artikel ini kita akan membahas mengenai Tracert.Langkah awal untuk bisa memperbaiki error pada jaringan internet memakai traceroute,Jadi apa si tracert?

Pengertian Tracert

Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan.Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.Jadi sederhananya, prosedur traceroute memungkinkan kalian untuk mengetahui dengan tepat bagaimana pengiriman data,misalnya pencarian Google dari komputer kalian ke komputer lain.Traceroute mengkompilasi daftar komputer di jaringan yang terlibat dengan aktivitas internet tertentu.Jika dalam proses perpindahan data ditemukan gangguan, traceroute akan menunjukkan dimana masalah tersebut terjadi.Hasil pelacakan memakai Traceroute ini akan ditampilkan di layar komputer berupa deretan coding. Tidak perlu cemas tidak bisa membaca tampilan coding tersebut, karena intinya adalah mencari coding yang mengandung kata-kata request timed out. Jika menjumpai kalimat coding yang memiliki kata-kata tersebut maka disitulah asal muasal masalah jaringan internet bisa terputus.

Fungsi Traceroute (Tracert)

Menunjukkan rute yang dilewati sebuah paket untuk mencapai tujuannya dengan mengirimkan pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan berdasarkan alamat IP tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.Traceroute akan me-list daftar router yang dilalui dan menampilkan informasi IP Address router. Informasi yang diperoleh adalah banyak nya hop(lompatan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan lama waktu yang dibutuhkan. Traceroute memanfaatkan flag TTL.

Tracert Online

Tidak hanya bisa dilakukan manual lewat CMD,namun tersedia pula website yang khusus membantu melakukan perintah tersebut.Terdapat sejumlah website yang menyediakan layanan traceroute online sehingga bisa memberi kemudahan untuk mencari letak masalah jaringan yang terputus.Sistem kerja website traceroute online ini biasanya dengan menginput atau memasukan IP Addres dari perangkat komputer yang digunakan. Dalam beberapa detik website tersebut akan melakukan pengecekan rute jaringan internet.Hasil pencariannya akan membantu menemukan pusat masalah yang menyebabkan jaringan internet terputus.Selanjutnya tentu saja kalian bisa melakukan perbaikan di pusat masalah tersebut. Sehingga lebih hemat waktu, dan bisa segera mengembalikan akses internet untuk berbagai keperluan.

Memakai Tracert IP ?

Traceroute IP atau Traceroute ini akan membantu mengetahui penyebab putusnya jaringan internet.Tidak hanya itu saja,namun juga memberi lebih banyak informasi,Contoh :

  • Membantu memberi informasi mengenai kualitas jaringan, sehingga Traceroute ini bisa menjadi alat untuk menganalisa kekuatan jaringan yang digunakan.
  • Bisa mendapatkan nama ISP dari perangkat yang digunakan untuk online,biasanya informasi mengenai ISP ini akan muncul di baris coding ketiga atau keempat. Namun jika tidak terdapat di kedua baris ini maka bisa mencarinya di domain pertama.
  • Melihat semua router atau jalur yang telah dilalui untuk bisa terhubung ke jaringan internet yang terputus.Biasanya terlihat dari jumlah baris coding yang muncul,jika ada 13 baris maka artinya ada 13 jalur yang dilewati oleh perangkat.
  • Mendapatkan informasi mengenai besaran angka yang menunjukan besar kecilnya masalah yang menyebabkan terputusnya jaringan internet.
  • Mengetahui dengan pasti titik mana yang menjadi pusat terputusnya koneksi internet,dan bisa fokus ke titik tersebut saat melakukan perbaikan jaringan.

Cara Traceroute Bekerja

Traceroute dengan mengirimkan suatu paket kepada host tujuan dengan menggunakan TTL yang telah bertambah dengan satu ataupun yang dimulai dari satu. Apabila host tersebut mengirimkan kembali ICMP TIME_EXCEED .Maka traceroute tersebut nantinya akan memberitahukan kepada pengguna alamat dari seorang pengirim ICMP yang sebelumnya dan juga jeda waktu pada saat mengirimkan paket IP/UDP sampai dengan diterimanya suatu paket ICMP TIME_EXCEED.Kemudian, setelah itu nantinya traceroute akan mengirim kembali kepada host tujuan dengan suatu TTL += 1 atau TTL saat sekarang lebih besar satu dari yang sebelumnya.Traceroute nantinya akan melakukan hal tersebut secara terus menerus seperti pada hal diatas sampai dengan diterimanya ICMP PORT_UNREACHABLE dari suatu host tujuan ataupun maksimal lompatan (hop) yang sudah tercapai (default biasanya sebanyak 30).Dan traceroute akan menggunakan suatu protokol UDP untuk bisa mengetahui bagaimana traceroute tersebut sudah sampai kepada host tujuan dan tidak akan lagi mengirimkan paket.

kesimpulan dari perintah tracert tersebut :

  • kaliandapat mengetahui jalur atau rute mana saja yang sudah dilewati untuk sampai ke tempat tujuannya.
  • kalian dapat mengetahui di bagian mana saja yang sibuk atau macet.
  • Jaringan yang sibuk atau macet tidak hanya dikarenakan kondisi link maupun jaringan yang kurang baik tetapi juga dapat dikarenakan alasan keamanan.
  • kalian dapat mengetahui berapa lama waktu yang sudah ditempuh atau delay untuk sampai di tujuan.
  • Tracert tersebut menggunakan ICMP untuk bisa menentukan suatu jalur maupun rute. Dan yang perlu kalian ingat yaitu pada suatu jaringan memiliki banyak sekali protokol yang akan digunakan. Dan kalian jangan terlalu berpatok kepada satu protokol saja. Usahakan untuk menggunakan protokol lainnya untuk bisa memastikan suatu kondisi jaringan komputer.

Cara melakukan Traceroute

Meskipun memiliki fungsi yang sama,tapi kalian harus mengetahui cara menjalankan traceroute antar sistem operasi sangat berbeda.Yang membedakannya adalah syntax dan output yang dihasilkan.

Berikut instruksi menjalankan command prompt traceroute pada Windows, Linux, dan MacOS :

Cara melakukan Traceroute pada Windows

  • Klik Start –> Run.
  • Setelah muncul pop up lalu kalian tinggal ketikkan –> CMD.
  • Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian kalian tinggal ketikkan –> tracert (spasi) ‘namadomainkalian’.

Hasil tracert diatas menunjukkan bahwa koneksi yang digunakan cukup stabil.Tetapi jika kalian melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan request timed out pada hasil tracert kalian,maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet kalian.Dengan traceroute,kita dapat menganalisis informasi mengenai lokasi router,tipe dan kapasitas interface, tipe dan fungsi router dan batas-batas network yang dilalui berdasarkan DNS interface yang dilalui.Secara practical,traceroute digunakan sebagai bahan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab kalian tidak bisa mengakses suatu website.

Cara Melakukan Traceroute Pada Linux

  • Buka program terminal di sistem operasi linux kalian.
  • Maka silahkan kalian ketik traceroute www.google.com di terminal linux lalu tekan enter pada keyboard, setelah itu tampil hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Melakukan Traceroute Pada Mac OS

Hampir sama dengan cara melakukan traceroute di sistem operasi Linux.Kalian hanya membutuhkan terminal saja untuk mengaksesnya.

  • Buka terminal atau console. Kemudian ketikkan perintah traceroute nama domain/IP.Misalnya : traceroute hosteko.com
  • Tekan enter, maka akan muncul output sebagai berikut :

  •  Jika terdapat tulisan Trace complete itu tandanya proses pelacakan paket internet sudah selesai dan tidak ada masalah pada setiap rute paketnya.

 

oke,sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat 🙂

Baca Juga Artikel Ini :

PENGERTIAN BOUNCE RATE DAN CARA MEMAKSIMALKANNYA

ALASAN SEO PENTING UNTUK BISNIS

TIPS MEMBUAT ARTIKEL YANG DISUKAI MESIN PENCARIAN

CARA BERBISNIS DOMAIN

MENGENAL LINK BUILDING

CARA MEMPROTEKSI WEBSITE BISNIS

PENGERTIAN DAN FUNGSI FTP

1/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

17 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago