Saat anda ingin membuat sebuah blog atau website, pasti anda pernah mendengar kata WordPress dan Blogspot. Kedua platform ini menawarkan bernagai macam desain dan fitur yang bisa membingungkan bagi anda yang pemula.

Berikut akan dijelaskan perbandingan antara WordPress dan Blogspot

  1. Biaya
  • Blogspot

Blogspot mungkin lebih menarik untuk anda karena platform yang satu ini benar-benar gratis, karena anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan.

  • WordPress

Anda membutuhkan biaya tambahan dalam mengelola website yang dibuat dengan WordPress. Jika website anda berkembang, maka anda perlu mengupgrade akun WordPress anda dan tentunya ini memerlukan biaya yang lebih banyak lagi.

  1. Kepemilikan
  • Blogspot

Blogspot merupakan layanan yang dimiliki oleh Google, sehingga anda tidak memiliki kontrol penuh atas akun anda. Jika sewaktu-waktu anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan, maka website anda akan dihapus kapan pun. Untuk berjaga-jaga jika hal itu terjadi, maka anda perlu melakukan backup konten blog anda.

  • WordPress

Anda bebas menggunakannya sesuka hati karena WordPress dan softwarenya adalah open-source. Anda dapat melakukan konfigurasi, install plugin, dan menyesuaikan sendiri pengaturan sesuka anda. Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya.

  1. Tampilan dan Desain
  • Blogspot

Tampilan default yang disediakan oleh blogspot cukup terbatas. Jadi, jika anda ingin mengubah tampilan seperti warna dan tampilan, anda bisa mengubahnya melalui tools yang tersedia. Jika anda menginginkan tampilan yang lebih menarik, anda perlu membeli template dari phak ke tiga. Di indonesia sendiri sudah banyak penyedia template blogspot premium dengan kualitas yang cukup baik. Sedangkan untuk plugin, blogspot tidak menyediakannya.

  • WordPress

WordPress menyediakan ribuan tema, template, dan plugin untuk mendesain situs. WordPress juga memfasilitasi anda untuk membuat sendiri konsep desain yang unik dan impresif. Anda juga dapat dengan bebas memodifikasi template dan desain website sesuai keinginan.

  1. Keamanan
  • Blogspot

Akun anda cukup aman karena dikelola oleh Google, namun dengan syarat anda menggunakan template default. Anda juga tidak perlu mengelola penggunaan sumber daa serveratau mengamankan blog anda, meski akun anda dapat dihapus sewaktu-waktu oleh pihak blogger.

  • WordPress

WordPress memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala.  Selain itu kontrol sepenuhnya ada pada anda, sehingga anda harus melakukan backup sendiri.

  1. Kapasitas Penyimpanan
  • Blogspot

Kapasitas penyimpanan yang diberikan blogspot sebesar 15GB.

  • WordPress

Pada WordPress anda bebas menentukan sendiri kapasitas penyimpanan yang diinginkan di tempat anda menyewa hosting.

  1. Nama Domain yang Digunakan
  • Blogspot

Pada blogspot menggunakan “namadomain.blogspot.com” atau membeli nama domain lalu diarahkan ke blogspot.

  • WordPress

Untuk WordPress menggunakan domain yang anda beli sendiri di registrar nama domain.

  1. Support dan Maintenance
  • Blogspot

Situs web anda dihosting oleh Google dan sangat sedikit yang dapat terjadi pada blog anda. Fitur dan fungsi yang mereka sediakan mungkin memang terbatas, namun layanan ini mudah digunakan dan hampir tidak membutuhkan membutuhkan perawatan dari anda.

  • WordPress

WordPress jauh lebih terbuka dan dapat dikonfigurasi. Kelemahan dari kebebasan ini segala sesuatu dapat menjadi salah dan mempengaruhi website anda. Karena anda mempunyai akses penuh terhadap WordPress, jadi anda harus bertanggung jawab atas maintenance seperti proteksi spam, keamanan data, dan backup.